nusabali

Bangli Rencana Bangun RS Tipe C

  • www.nusabali.com-bangli-rencana-bangun-rs-tipe-c

Pemkab Bangli rencananya membangun rumah sakit (RS) tipe C di Kecamatan Kintamani, Bangli. Pembangunan RS tipe C dengan pengalihan Puskesmas Kintamani I.

BANGLI, NusaBali
Rencana pembangunan ini untuk solusi pola/sistem rujukan yang diberlakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan untuk mengoptimalkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Bupati Bangli, I Made Gianyar, mengatakan akan mengalihkan Puskesmas Kintamani I untuk RS tipe C. Termasuk memanfaatkan rumah jabatan Camat Kintamani. Sekda dan Dinas Kesehatan segera dipanggil untuk membahas rencana itu. "Secepatnya akan melakukan kajian untuk pengalihan puskesmas menjadi RS tipe C. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi, baik tim medis, sarana prasana lainya," jelas Bupati Made Gianyar, Jumat (19/10).

Bupati juga masih akan mengkoordinasikan izin RS tipe C. Pertimbangan pembangunan RS tipe C di Kintamani untuk mempermudah layanan kesehatan, masyarakat tidak harus dirujuk ke rumah sakit di luar Bangli. "RSUD Bangli tipe B, dengan kebijakan dari BPJS kesehatan, sistem rujukan dari puskesmas ke RS tipe C baru bisa ke RS tipe B," ujarnya. Pembangunan RS tipe C ditarget tahun 2019 mendatang.

Sementara untuk wilayah Kecamatan Susut, Tembuku, Bangli, masih akan dilakukan kajian. "Kecamatan Bangli saja yang belum memiliki puskesmas rawat inap," sebutnya. Bupati Made Gianyar menyampaikan tidak mencanangkan Universal Health Coverage (UHC) yang notebene program BPJS Kesehatan. "Kondisi seperti ini justru menyulitkan masyarakat. Kedepannya BPJS Kesehatan mengakomodir penerima bantuan iuran (PBI) yang bersumber dari APBN," terangnya. Bupati akan menyiapkan anggaran untuk biaya kesehatan masyarakat, ketika ada warga Bangli yang sakit dibawa ke RSU Bangli dan biaya ditanggung dari dana yang telah disiapkan. "Biaya berapa, langsung kami bayarkan. Kami rasa itu lebih efektif" imbuhnya. *e

Komentar