nusabali

Kebun Terbakar di Seberang Kantor PAC PDIP Melaya

  • www.nusabali.com-kebun-terbakar-di-seberang-kantor-pac-pdip-melaya

Peristiwa kebakaran terjadi di sebuah areal kebun di sisi Jalan Nasional Denpasar–Gilimanuk, tepatnya di seberang Kantor PAC PDIP Melaya, Banjar Anyar Sari, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Kamis (18/10) sore.

NEGARA, NusaBali
Kebakaran di areal kebun yang tidak diketahui pemiliknya, itu sempat membuat heboh sejumlah pengguna jalan, sehingga dilakukan penangan langsung oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Jembrana.

Berdasar informasi, kebakaran di areal kebun yang ditanami pohon jati serta pohon kakao tersebut, terjadi sekitar pukul 14.00 Wita. Kebakaran yang dilihat sejumlah pengguna jalan, ketika api sudah merembet ke dedaunan kering di seputaran kebun, itu langsung dilaporkan ke Pos Damkar Kecamatan Melaya, dan dilanjutkan ke Markas Utama Damkar Kabupaten Jembrana.

“Ketika tiba di lokasi, yang terbakar dedaunan kering di sekitar areal kebun. Tetapi, dedaunannya itu cukup banyak, dan api kebetulan terjadi tepat di bagian pinggiran kebun, di pinggir jalan, makanya banyak pengguna jalan yang lihat,” kata Kasi Damkar Satpol PP Jembrana Kade Bagus Darmawan, Kamis kemarin.

Menurutnya, saat menerima laporan kebakaran tersebut, diterjunkan 1 armada mobil Damkar dari Kecamatan Melaya, dan 1 armada mobil Damkar dari Markas Utama. Meskipun telah mengerahkan 2 unit mobil Damkar, penanganan kebakaran di areal kebun, itu sempat memakan waktu selama 1 jam, hingga api dipastikan telah benar-benar padam.

“Kami tidak tahu siapa pemilik kebunnya, dan memang tidak ada orang di sana. Walaupun api tidak begitu besar, tetapi merembet ke dedaunan kering yang banyak berserakan di sana. Tadi kedua tangki juga habis semua isinya,” ujarnya.

Diperkirakannya, kebakaran di areal kebun tersebut, bisa saja terjadi ada warga yang membuang puntung rokok sembarang ketika lewat di lokasi. Pasalnya, dari luas kebun sekitar 50 are itu, titik api terkonsentrasi di areal sekitar 10 area yang tepat di sisi jalan raya. “Apalagi sekarang musim kering. Tetapi beberapa pohon di kebun itu, tidak ada sampai ikut terbakar,” kata Bagus Darmawan. *ode

Komentar