nusabali

Timnas U-19 Puncaki Grup A

  • www.nusabali.com-timnas-u-19-puncaki-grup-a

Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan pada pertandingan perdana penyisihan Grup A Piala AFC U-19.

JAKARTA, NusaBali
Egy Maulana Vikri dkk meraih tiga poin usai menang 3-1 atas Taiwan U-19, di Stadion Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (18/10) malam. Kini Indonesia bertengger dipuncak klasemen Grup A. Sedangkan Taiwan U-19 di posisi paling bawah. Sementara pada laga lainnya di Grup A, UEA mengalahkan Qatar 2-1. Hasil  itu membuat UEA di peringkat kedua dan Qatar di urutan ketiga. 

Kemenangan itu membuat Timnas U-19 maju setapak mewujudkan hasrat tampil di Piala Dunia U-19 di Polandia. Sebelumnya pelatih Indra Sjafri menegaskan, timnya ingin naik level ke Piala Dunia U-20. Menurutnya, sudah cukup lama sepakbola Indonesia berkiprah di level AFC dan saatnya naik levelnya ke Piala Dunia.

Kemenangan atas Taiwan didapat Indonesia dengan susah payah. Sebab lawan menerapkan pertahanan solid. Bahkan Indonesia sempat dibikin buntu meski sebenarnya secara kelas Indonesia masih di atas Taiwan.

Pada paruh pertama kedua tim bermain imbang tanpa gol, meskipun Indonesia menguasai jalannya pertandingan. Usai turun minum, Timnas U-19 berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-50. Berawal dari kesalahan bek Taiwan, Karl Josefsson menghalau bola, Witan Sulaiman dengan mudah mengirim umpan ke kotak penalti yang dengan brilian disambut Egy dengan tendangan kaki kirinya. Indonesia pun unggul 1-0.

Keunggulan Garuda Nusantara tak berlangsung lama. Tiga menit berselang gawang M. Riyandi kejebolan melalui tendangan Wang Chung-yu.

Dominasi ditunjukkan Indonesia sepanjang babak kedua membuat Taiwan kewalahan. Alhasil, Witan Sulaiman sukses membuat Garuda Nusantara unggul 2-1 pada menit ke-69 lewat sundulannya setelah menerima umpan dari tendangan bebas.

Meski sudah unggul, Indonesia enggan mengendurkan serangan. Pada menit ke-88, Witan Sulaiman kembali menambah keunggulan Indonesia 3-1.  Gol Witan itu berkat kejelian Egy Maulana, yang dikurung dan mampu mengirim bola ke Witan dan dituntaskan menjadi gol. *

Komentar