nusabali

SD se-Karangasem Sepakat Susun Tes Sumatif

  • www.nusabali.com-sd-se-karangasem-sepakat-susun-tes-sumatif

Sama-sama menggunakan Kurikulum 2013, namun daya serap siswa dan cara guru memberikan bahan ajar berbeda.

AMLAPURA, NusaBali
Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, membuka workshop di aula SDN 4 Subagan, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Rabu (17/10). Workshop diikuti 69 SD se-Kecamatan Karangasem. Utusan 69 SD itu sepakat menyusun tes sumatif untuk semester ganjil. Tujuannya untuk penyeragaman materi dan memetakan kualitas pendidikan.

Sebelum workshop, Kepala UPT Disdikpora Kecamatan  Karangasem, I Nyoman Mertha, bersama segenap pengawas dan guru menggelar evaluasi pembelajaran untuk setahun terakhir. Hasilnya sangat pincang. Kualitas pendidikan tidak merata. Setelah menemukan rumusan terbaru, disepakati solusinya menyusun materi soal untuk semester ganjil. Kadisdikpora Gusti Kartika setuju dengan gagasan itu sehingga menggelar workshop. “Nantinya kita dapatkan kualitas hasil tes sumatif, di bagian mananya perlu ada perbaikan, setelah memberikan materi yang sama di seluruh SD se-Kecamatan Karangasem,” kata Gusti Kartika.

Meski dengan materi dan Kurikulum 2013 yang diberlakukan, tetapi daya serap siswa dan cara memberikan bahan ajar oleh guru relatif berbeda-beda. Sehingga perlu dilakukan evaluasi dengan menyusun materi tes sumatif bersama. Kepala UPT Disdikpora Kecamatan Karangasem, I Nyoman Mertha, mengapresiasi semangat para guru dari 69 SD untuk melakukan perbaikan kualitas pendidikan. “Setelah sepakat menyusun materi tes sumatif bersama, nantinya kita dapat gambaran kualitas pendidikan di Kecamatan Karangasem,” kata Nyoman Mertha yang mantan Kasek SDN 1 Karangasem.

Sementara Pengawas SD di Disdikpora Kecamatan Karangasem, Ni Ketut Sudiarsih, mengaku rutin melaksanakan program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), kali ini disertai menyusun materi tes sumatif bersama. “Tujuannya untuk standarisasi mutu pendidikan tingkat SD di Kecamatan Karangasem,” kata Sudiarsih. Workshop menghadirkan 9 petugas pengawas SD. Ketua Panitia yang juga Kasek SDN 12 Karangasem, I Wayan Putra, mengapresiasi semangat guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengikuti workshop dan menyusun tes sumatif bersama. *k16

Komentar