nusabali

Tingkatkan Produksi Cabai Lewat Gertam

  • www.nusabali.com-tingkatkan-produksi-cabai-lewat-gertam

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DKPKP) Gianyar mengadakan Gerakan Tanam Cabai (Gertam) dan penebaran 1000 benih lele di Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) Dwi Tunggal Putri, Banjar Taro Kelod, Desa Taro,  Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Selasa (16/10).

GIANYAR, NusaBali
Kegiatan ini atas kerjasama dinas dengan TP.PKK  Kabupaten Gianyar untuk percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dan mendukung ketahanan pangaan mandiri.

Kadis DKPKP Gianyar Ir IGA Dewi Hariani mengatakan  gerakan ini juga sebagai bagian dari usaha menekan laju inflasi yang diakibatkan oleh tingginya harga cabai. Penanaman cabai ini tidak memerlukan lahan yang luas, cukup memanfaatkan pekarangan di masing-masing rumah tangga. Dewi Hariani berharap KRPL Dwi Tunggal Putri dapat memaksimalkan bantuan bibit cabai dan benih ikan lele tersebut. Ia berharap, dari 600 bibit cabai yang ditanam saat ini dapat tumbuh subur dan berkembang dengan baik, sehingga hasilnya dapat dinikmati.

Menurut Dewi Hariani, pemanfaatan lahan pekarangan tidak melulu  harus tanaman cabai, tapi juga dapat berupa komoditi sayuran lainnya seperti sayur hijau, timun, kacang panjang, terong, seledri, tomat,  pokcay hingga bunga mitir juga.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memanfaatkan secara luas pekarangan di sekitar rumah. "Sesempit apa pun luas pekarangan bisa kita optimalkan untuk menanam kebutuhan sehari-hari sehingga dapat meciptakan ketahanan pangan keluarga," harap Ny. Adnyani Mahayastra.*nvi

Komentar