nusabali

Timnas Tertahan Hong Kong

  • www.nusabali.com-timnas-tertahan-hong-kong

Hong Kong menahan imbang Timnas Indonesia yang bermain di bawah form dalam laga uji coba terakhir sebelum Piala AFF.

BEKASI, NusaBali
Setelah menang atas Mauritius 1-0 dan Myanmar 3-0 dalam laga uji coba menjelang kick off Piala AFF pada 8 November mendatang, Timnas Indonesia harus rela bermain imbang dengan Hong Kong 1-1 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10) malam.

Tuan rumah yang ditukangi duet pelatih Bima Sakti-Kurniawan Dwi Julianto unggul lebih dahulu lewat tandukan kepala Alberto Goncalves pada menit 40. Sayang Hong Kong bisa menyeimbangkan kedudukan lewat Festus Baise pada menit 68.

Pelatih sementara Timnas, Bima Sakti, mengakui jika performa Stefano Lilipaly dan kawan-kawan menurun jika dibandingkan saat melawan Myanmar. " Ini akan menjadi catatan kami dan menjadi gambaran serta pembelajaran sebelum turun di Piala AFF nanti," kata Bima Sakti.

Pertandingan melawan Hongkong terbilang cukup lambat jika dibandingkan dengan karakter timnas yang selama ini ada yaitu bermain cepat. Pergerakan Febri Hariyadi maupun Irfan Jaya yang mempunyai kecepatan sering terbaca lawan. Beruntung Alberto Goncalves bermain gemilang. Pemain naturalisasi itu mampu membuat Indonesia unggul 1-0 pada menit 40. Namun pada menit 68 pemain Hongkong, Festus Baise mampu menyamakan kedudukan. Gol Hong Kong ini tercipta setelah bola terlebih dahulu memantul di mistar gawang sebelum terpental keluar, tapi wasit Lim Bunthoeun dengan jeli menyatakan bola sudah masuk gawang. Kondisi sama kuat 1-1 ini bertahan hingga pertandingan usai.

Meski demikian, Bima Sakti tetap mengapresiasi perjuangan Evan Dimas dan kawan-kawan. "Untuk menghadapi Hongkong kita panggil dua pemain baru yaitu Andik Vermansyah dan Abduh Lestaluhu. Mereka bermain cukup bagus. Yang jelas saya salut dengan semua pemain yang kami panggil," kata Bima.

Sementara itu salah satu pemain Indonesia, Zulfiandi merasa Timnas bermain cukup bagus meski akhirnya tidak meraih kemenangan. "Hongkong punya banyak pemain kualitas. Kita banyak belajar terutama untuk menghadapi Piala AFF nanti. Yang jelas berusaha memberikan yang terbaik pada pertandingan nanti," katanya.

Zulfiandi merupakan salah satu pemain yang digadang masuk tim inti timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018. Hanya saja hingga saat ini belum ada keputusan resmi mengingat Indonesia belum mempunyai pelatih kepala seiring belum ada kesepakatan kembali dengan Luis Milla.

Untuk menghadapi Piala AFF,  Bima Sakti telah memasukkan 50 nama. Namun hingga saat ini belum ditetapkan 23 pemain yang akan mengikuti pertandingan pertama karena masih bisa dilakukan hingga pelaksanaan manager meetting. *ant

Komentar