nusabali

TMMD Hubungkan Tiga Banjar dan Akses ke Pura

  • www.nusabali.com-tmmd-hubungkan-tiga-banjar-dan-akses-ke-pura

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, membuka kegiatan TMMD (Tentara Manunggal Masuk Desa) ke-103 di Lapangan Mamed, Banjar Punia, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Senin (15/10).

AMLAPURA, NusaBali
Usai membuka TMMD berlanjut meninjau lokasi pembangunan akses jalan menghubungkan Banjar Guminten, Banjar Tengah (Desa/Kecamatan Sidemen) dan Banjar Iseh Desa Sinduwati Kecamatan Sidemen. Akses jalan ini juga menghubungkan ke Pura Duangga, Desa Pakraman Tabola, Kecamatan Sidemen, yang berada di puncak bukit.  Sebelumnya telah diawali pra-TMMD pembangunan jalan dan tuntas sekitar 1.200 meter dari target 3.000 meter, lebar 7 meter.

Secara resmi TMMD diagendakan selama 30 hari mulai tanggal 15 Oktober hingga 13 November 2018. Selama pelaksanaan TMMD, juga diselingi dengan mengadakan penyuluhan bidang peternakan dari Dinas Perikanan yang membawahi peternakan, penyuluhan bidang hukum dan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dari Kajari Amlapura I Nyoman Sucitrawan dan bentuk kegiatan sosial lainnya.

Bupati Mas Sumatri dalam amanatnya mengungkapkan, TMMD itu menelan biaya untuk pembangunan fisik Rp 1,7 miliar bersumber dari APBD Karangasem 2018, biaya operasional Rp 365 juta, dan non fisik Rp 50 juta. "Akses jalan dibangun TNI yang manunggal dengan rakyat, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menghubungkan beberapa banjar," kata Bupati Mas Sumatri.

Hadir pula Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Suyasa, Danrem Kolonel Inf Am Suaharyadi, Dandim Karangasem Letkol Inf Benny Rahadian, Kapolres AKBP I Gusti Ngurah Ade Panji Anom, Kajari I Nyoman Sucitrawan, Ketua DPRD I Nengah Sumardi, Sekda I Gede Adnya Muliadi, dan pejabat TNI, Polisi, OPD lainnya.

Dandim Letkol Inf Benny Rahadian optimis selama 30 hari pembangunan  jalan 3.000 meter tuntas. Sebab, sebelumnya telah diawali pra-TMMD. Pekerjaan di tanjakan yang tergolong berat lebih dahulu dikerjakan. "Masyarakat sekitarnya merasa bersyukur atas dibuka akses jalan," katanya. *k16

Komentar