nusabali

Tengkorak Purbakala Kagetkan Warga

  • www.nusabali.com-tengkorak-purbakala-kagetkan-warga

Warga belum bisa memastikan, tengkorak tersebut tengkorak manusia atau kera.

SINGARAJA, NusaBali
Warga Banjar Dinas/Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Kamis (14/4), dikagetkan penemuan sebuah tengkorak di pinggir pantai setempat. Diperkirakan, tengkorak tersebut adalah tengkorak purbakala berusia ratusan tahun.

Saat ditemukan oleh warga setempat, kondisi tengkorak sudah pecah dan membatu. Tengkorak ditemukan, Rabu (13/4) sore. Namun baru dilaporkan warga, Kamis (14/4) sekitar pukul 08.00 Wita, kepada aparat desa setempat. Setelah dilakukan pengecekan bersama anggota Polsek Gerokgak, tengkorak itu sudah membatu di pinggir pantai Banyupoh. “Kami langsung laporkan ke Balai Arkeologi Denpasar, yang kebetulan kantornya ada di dekat sini,” ujar Perbekel Desa Banyupoh, Made Sukerata, dikonfirmasi Kamis (14/4) siang.

Hingga saat ini tengkorak tersebut masih berada di posisi temuan, karena menunggu petugas dari Badan Arkeologi Denpasar, untuk diteliti. 

Namun warga belum bisa memastikan, apakah tengkorak tersebut tengkorak manusia atau kera. Karena di sekitarnya ada Pura Pulaki yang di sekiitarnya habitat kera. 
Saat ini pihak desa belum dapat berbuat banyak, terhadap penemuan tersebut. Perbekel Sukerata  

mengaku akan menunggu hasil penelitian dari Balai Arkeologi Bali. Kata dia, jika proses penelitian sudah selesai, dan tengkorak tersebut diserahkan ke pihak desa, maka desa akan melaksanakan penguburan. “Kami masih menunggu, setelah penelitian baru bisa diputuskan,” kata Sukerata. 7 k23

loading...

Komentar