nusabali

RSUP Sanglah Gelar Lomba Gambar Telapak Tangan

  • www.nusabali.com-rsup-sanglah-gelar-lomba-gambar-telapak-tangan

Cara Unik Rayakan Hari Cuci Tangan Sedunia

DENPASAR, NusaBali
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar membuat acara unik untuk memperingati ‘World Hand Washing Day’ atau hari cuci tangan sedunia, Senin (15/10). Tim PPI RSUP Sanglah mengadakan lomba menggambar dengan telapak tangan, kemudian mencuci tangan sesuai dengan langkah-langkah yang benar.

Acara ini dilaksanakan di halaman parkir belakang RSUP Sanglah yang dihadiri oleh para direksi, struktural, kepala instalasi dan para pegawai. Bahkan, kali ini para keluarga pasien dapat ikut berpartisipasi dalam lomba yang dilaksanakan.

Kasubbag Humas RSUP Sanglah, Dewa Ketut Kresna mengatakan, ada sekitar 50 peserta yang terlibat. Sepuluh diantaranya adalah keluarga pasien. “Para peserta melukis di media kertas dengan cat warna. Hasil lukisannya dikumpulkan untuk selanjutnya dipajang pada acara-acara di RS Sanglah,” ujarnya.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, Dr dr I Ketut Sudartana SpB-KBD yang membuka acara tersebut mengatakan, kebersihan tangan merupakan bagian inti dalam pencegahan dan pengendalian infeksi. Karena itu, edukasi mencuci tangan yang benar perlu ditekankan kepada seluruh masyarakat rumah sakit termasuk pasien dan pengunjung. “Kebiasaan mencuci tangan akan lebih terbentuk jika terus-menerus dipromosikan melalui berbagai bentuk kegiatan seperti hari ini,” kata dr Sudartana.

Dokter Sudartana pun berharap masyarakat mulai dan terus membiasakan diri untuk menjaga kebersihan diri, termasuk salah satunya selalu cuci tangan dengan cara yang tepat. Dimulai dari membiasakan diri, nantinya bisa mendorong kesadaran semua pihak di masyarakat agar peduli dan menjaga kesehatannya melalui kebiasaan hidup bersih. “Tidak hanya untuk staf tetapi juga mengikutsertakan para pengunjung rumah sakit,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu penunggu pasien, Sriyono, sangat antusias mengikuti acara tersebut. Menurutnya, dengan ikut acara tersebut, dia jadi lebih paham mencuci tangan yang benar serta manfaatnya. “Dulu saya biasa mencuci tangan cepat-cepat tidak sesuai langkah, sekarang jadi lebih paham,” ceritanya. *ind

Komentar