nusabali

Hindari Juru Kunci

  • www.nusabali.com-hindari-juru-kunci

Kesempatan menjadi tuan rumah Porprov Bali ini akan kami jadikan titik tolak dan momentum kebangkitan dan tak ingin merasakan zona bawah lagi.

Tekad Tabanan pada Porprov 2019

TABANAN, NusaBali
Menjadi tuan rumah Porprov Bali XIV/2019, KONI Kabupaten Tabanan bertekad tampil all out dan keluar dari posisi juru kunci. Sebab dalam tiga kali Porprov Bali, sejak 2013 hingga 2017, Tabanan selalu berada di posisi buncit dari 9 kontingen kabupaten/kota di Bali.

"Kesempatan menjadi tuan rumah Porprov Bali ini akan kami jadikan titik tolak dan momentum kebangkitan dan tak ingin merasakan zona bawah lagi," ujar Binpres KONI Tabanan, I Gusti Bagus Arya Candra Palasara, Minggu (13/10).

Untuk lepas papan bawah, Tabanan akan bersaing ketat dengan atlet asal Jembrana, Karangasem dan Bangli. Sebab keempat daerah tersebut selalu menjadi rivalitas di papan bawah Porprov.

"Tabanan sudah banyak melalukan terobosan lewat program unggulan. Dengan mendatangkan pelatih-pelatih kelas internasional di beberapa cabor unggulan milik Tabanan," tutur Tugus, sapaan akrab Bagus Palasara.

Tugus pun mengatakan, cabor unggulan Tabanan, seperti cabor petanque, belum lama ini mendatangkan pelatih dari Thailand. Selain itu, KONI Tabanan juga mendorong cabor melaksanakan try out atau try in. Hal itu untuk mematangkan persiapan dan mental bertanding.

“Pada akhirnya hal itu akan meningkatkan prestasi atlet Tabanan meraih medali emas yang akan mempengaruhi klasemen di Porprov 2019,”kata Tugus.

Selain soal prestasi, Tabanan juga sedang menyiapkan beberapa venue untuk menyukseskan Porprov Bali ke-XIV nanti. Salah satunya renovasi GOR Debes lama yang berlokasi di sebelah selatan areal GOR. Diakui pihaknya, saat ini renovasi hampir rampung dan estimasi selesainya pada bulan November mendatang.

"Selain sukses prestasi, tentunya juga kami ingin sukses penyelenggaraan. Kami ingin menjadi tuan rumah yang baik juga. Karena fasilitas sangat mendukung peforma atlet-atlet yang bertanding nantinya," jelas Palasara.

Tugus pun mengungkapkan, saat ini KONI Tabanan juga intensif  melakukan monitoring terhadap venue-venue yang baru dibangun maupun yang sedang perbaiki di berbagai kecamatan di Tabanan.

Sebelumnya, KONI Tabanan juga menegaskan, pihaknya siap menggelar Porprov Bali 2019. Sesuai arahan Bupati, KONI Tabanan akan memaksimalkan venue yang  tersebar  di kecamatan dan dapat  melibatkan UMKM maupun Desa Wisata.

Porprov 2019 juga diharapkan Tabanan menjadi sport tourism. Ya, mempromosikan pariwisata di berbagai desa wisata di Tabanan. Porprov juga kesempatan bagus bagi Tabanan untuk dikenal masyarakat lokal, nasional maupun internasional.  *dek

Komentar