nusabali

Bupati Suwirta Hadiri Karya di Seming

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-hadiri-karya-di-seming

Upacara Karya Mamungkah, Mendem Pedagingan, Ngenteg Linggih, Panca Rupa, Panca Kelud, Wraspati Kalpa Agung, digelar di Pura Dalem Banjar Adat Seming, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (13/10).

SEMARAPURA, NusaBali

Karya dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Ketua Panitia Nyoman Intaran mengatakan upacara ini diawali dengan matur piuning, maguru piduka, dan nanceb taring di Pura Dalem Banjar Adat Seming, Desa Ped, Buda Kliwon Ugu, Rabu 12 September 2018 yang dipuput Pamangku setempat. Pada Sabtu, 13 Oktober 2018 diadakan kegiatan Mlaspas/Rsi Gana dan Mendem Pedagingan dipuput Ida Pandita Nabe Rsi Agung Dwijaksara dari Gria Purna Ashram Kutampi, Nusa Penida.

Disebutkan Pura Dalem Banjar Seming ini diempon oleh 49 kepala keluarga (KK). Dalam melaksanakan upacara ini, masing-masing KK dikenai dana Rp 5 juta.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, dalam melaksanakan berbagai jenis yadnya, harus dilandasi hati yang tulus ikhlas. Bupati Suwirta juga mengharapkan agar masyarakat Klungkung dalam melaksanakan berbagai jenis yadnya, dapat melaksanakannya dengan hati, yang tulus ikhlas, agar yadnya yang sudah atau sedang berlangsung dapat memberikan berkah berupa kesejahteraan dan kerahayuan bagi masyarakat Klungkung.

Bupati juga mengharapkan kepada masyarakat di Kecamatan Nusa Penida, agar bisa menjadi lebih kreatif dalam mengelola sumber daya yang ada. Jangan hanya memanfaatkan sumber daya alam dari sektor laut, tetapi manfaatkan juga dari sektor lain, namun tetap  mempertahankan adat dan budaya setempat.

Bupati Suwirta dan Ny Ayu Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Jaya, juga menghadiri beberapa kegiatan yadnya di Nusa Penida. Di antaranya Upacara Mlaspas, Mendem Pedagingan, Caru Panca Sanak Meyama Raja, Mepedudusan Madya, Nyenuk, mekebat Daun, Mangun Ayu di Paibon Nusa Karang, Griya, Desa Pakraman Karang, Desa Pejukutan. Upacara Karya memungkah, Ngenteg Linggih, Nubung Pedagingan Lan Wraspati Kalpha Ring Pura Paibon Pasek Gelgel, Desa Pakraman Wates, Desa Tanglad, serta menghadiri upacara Ngaben di Desa Sekartaji. *wan

Komentar