nusabali

Hendak Diamankan, ODGJ Kabur ke Payangan

  • www.nusabali.com-hendak-diamankan-odgj-kabur-ke-payangan

Orang Dengan Gangguan Jiwa, AA Gede Agustina,30, asal Banjar Tunon, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Gianyar,   berkali-kali buat resah warga.

GIANYAR, NusaBali

Dia sempat memalak anak SMP, bahkan menabrak pedagang krupuk. Saat hendak diamankan pada Kamis (11/10), Agustina kabur ke Payangan.

Petugas Satpol PP Gianyar I Wayan Nasta menyatakan Agustina ini awalnya memalak, meminta uang ke anak SMP di Desa Singakerta, Ubud. “Uang saku pelajar diambil. Anak ini melapor ke gurunya,” ujar Wayan Nasta.

Selain itu, Agustina yang terbiasa berkeliaran naik sepeda motor juga sempat menyeruduk kendaraan pedagang krupuk di Pasar Singakerta. “Dagang krupuk yang ditabrak akhirnya melapor ke polisi,” ujarnya.

Banyaknya laporan dan keluhan terhadap Agustina, membuat orangtuanya gelisah. “Ayahnya minta anaknya diamankan. Maka tim Satpol PP turun ke rumahnya,” ujar Nasta. Petugas Satpol PP bersama polisi tiba di kediaman Agustina pukul 11.00 Wita. “Tapi sampai di Tunon, katanya, Agustina ini naik motor sendiri ke Desa Buahan, Kecamatan Payangan,” jelasnya.

Orang tuanya juga sempat mengontak Agustina, katanya akan pulang secepatnya. Lantaran Agustina kabur ke Payangan, maka pihak Satpol PP pun balik ke markas. “Rencananya besok (hari ini, Red) kami agendakan lagi pengamanan ulang, menunggu dia pulang dulu,” jelasnya.

Kata Nasta, apabila berhasil mengamankan Agustina, kali ini tidak bisa langsung dibawa ke RS Jiwa di Bangli. “Sesuai prosedur, ODGJ harus dibawa ke Dinas Kesehatan Gianyar dulu. Kalau dinyatakan depresi atau perlu dibawa ke Bangli, maka kami antar ke Bangli,” jelasnya.

Lanjut Nasta, Agustina ini sudah tiga kali diantar Satpol PP ke RS Jiwa Bangli. ODGJ yang sudah punya anak itu terakhir kali dibawa ke RS Jiwa Bangli, 10 September lalu. Kasusnya saat itu mengganggu dan membuat resah setiap perempuan yang melintas. “Ayahnya sudah pasrah, ayahnya sering dipukuli. Sering berulah di desanya,” ujarnya. *nvi

Komentar