nusabali

Bupati Ingatkan Pegawai Berbusana Sopan

  • www.nusabali.com-bupati-ingatkan-pegawai-berbusana-sopan

Resmikan Hari Penggunaan Busana dan Bahasa Bali

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta  meresmikan Penggunaan Busana Adat Bali sesuai Pergub Bali No 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, di Pura Agung Kentel Gumi, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, (Kamis 11/10).

Bupati Suwirta mengatakan kegiatan ini merupakan wujud komitmen Pemkab Klungkung mendukung program Gubernur Bali dalam upaya melindungi dan melestarikan busana, bahasa, aksara serta sastra Bali. “Pelaksanaan program ini supaya dimanfaatkan untuk belajar. Meskipun busana, bahasa dan sastra sudah digunakan setiap hari namun pada hari ini kami pertegas pemakaian busana dan bahasa Bali yang benar dan sopan,”ujar Bupati Suwirta.

Penggunaan bahasa dan busana Bali hanya akan dilaksanakan setiap Kamis, serta saat Purnama dan Tilem. Sedangkan hari lainnya seluruh pegawai  menggunakan busana dan bahasa formal seperti biasa. Supaya tidak berkesan jorjoran, Bupati Suwirta instruksikan penggunaan busana adat Bali yang sederhana dan sopan, baik itu untuk setiap Kamis, Rahina Purnama dan Tilem. Untuk busana pria wajib mengenakan baju dan udeng putih dengan saput berwarna Kuning. Sementara untuk busana wanita, diwajibkan mengenakan kebaya putih sederhana yang tidak transparan dan sopan.

Untuk melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali, Bupati Suwirta menugaskan Majelis Alit Desa Pekraman untuk menyiapkan anggaran pelestarian bahasa Bali yang tentunya akan melibatkan para penyuluh bahasa Bali. Lembaga ini diharapkan turun ke desa desa untuk memberikan pemahaman penggunaan bahasa dan busana adat Bali yang baik dan benar. Terkait dengan masih adanya kesalahan penulisan aksara Bali pada papan nama kantor instansi pemerintah, Bupati Suwirta pun tidak menampik namun Pemkab Klungkung memiliki kemauan yang kuat untuk memulai program ini. Tercatat sudah seluruh kantor instansi pemerintah di klungkung memasang papan nama baru yang dilengkapi dengan aksara Bali.

Acara peresmian diawali dengan dengan sembahyang bersama di Pura Agung Kentel Gumi, dilanjutkan pementasan tari Rejang Renteng serta penyerahan destar/udeng dan slempod oleh Bupati Nyoman Suwirta kepada sejumlah kepala perangkat daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut Ny Ayu Suwirta dan Ny Sri Kasta, Sekda Klungkung Gede Putu Winastra, Forkompinda, Forum Pimpinan Kecamatan Banjarangkan, para Kepala Perangkat Daerah, MMDP Klungkung, Majelis Alit Desa Pekraman dan pengurus Forum Perbekel Kabupaten Klungkung. *wan.

Komentar