nusabali

Pancing Ingatan Musik Rock

  • www.nusabali.com-pancing-ingatan-musik-rock

Rocktober 2018 Digelar di Antida Sound Garden

DENPASAR, NusaBali

Antida Music Productions mempersembahkan Rocktober 2018 sebagai media untuk memberikan penghargaan atas dedikasi musisi-musisi yang telah dulu berpulang meninggalkan keriuhan panggung musik rock. Sejumlah musisi rock rencananya akan hadir mengisi acara yang digelar Sabtu (13/10) di Antida Sound Garden, Jalan Waribang Nomor 32 Kesiman Denpasar Timur itu.

Menurut Anom Darsana selaku pemilik Antida Sound Garden, beberapa band akan tampil memeriahkan acara ini di antaranya Ripper Clown, Balian, Nymphea, Evie Band, The Fathers, dan Antrabez. Mereka akan tampil membawakan identitas dan lagu Nirvana, Linkin Park, Soundgarden, dan The Cranberries. “Rocktober 2018 hadir untuk memancing ingatan kita yang ganjil kepada musisi-musisi rock di era akhir 1990/2000-an, membuai perasaaan kita akan hentak lagu-lagu rock di zaman itu, dan menyajikannya ke zaman sekarang,” ujar Anom.

Ajang ini sekaligus dilaksanakan di Antida Sound Garden untuk memancing kembali kegairahan berkreativitas di Antida, yang mana menjadi satu tempat untuk komunitas seni mengeksplorasi daya cipta, kreasi, dan inovasinya. “Saya memilih Antida Sound Garden sebagai tempat acara, karena ingin mengaktifkan kembali Antida Sound Garden sebagai salah satu tempat atau venue berkreativitas dengan menjalankan fungsinya sebagai wadah berkreativias komunitas-komunitas seni di Denpasar,” imbuh Anom.

Terkait pandangan musik rock, sudah sejak lama musik rock disebut akan mati. Tapi ternyata ia tak mati-mati. Musik Rock adalah genre musik yang paling popular yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50-an. Akarnya berasal dari Rhythm and Blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz, klasik, dengan mengedepankan kebersamaan (togetherness) dalam sistem komunitas yang terbentuk.

Seiring dengan perjalanannya, selalu ada banyak hal yang menarik tentang musik rock, selain musik ini terkenal dengan bunyi khas yang sering berkisar antara gitar listrik, penggunaan back berat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, para personil band rock-pun sering menjadi misteri tersendiri di dunia musik. *ind

Komentar