nusabali

Pembobol 509 ATM di Bali Ditangkap

  • www.nusabali.com-pembobol-509-atm-di-bali-ditangkap

Nikolov asal Bulgaria ini merupakan tersangka kejahatan skimming ATM yang menyasar para turis yang tengah berlibur di Bali. Para korbannya kebanyakan baru mengetahui uang di rekeningnya amblas setelah tiba di negaranya masing-masing.

Kasus Ini yang Membuat Otak Skimming ATM Tertangkap

JAKARTA, NusaBali
Kasus skimming ATM yang diotaki Dimitar Nikolov Iliev, warga negara Bulgaria ini terkuak setelah tertangkapnya ‘kelompok Iliev’ sindikat cyber crime internasional di sebuah vila mewah di Seminyak, Bali pada 7 Februari 2015 lalu. ITT, 46, warga negara Bulgaria tersebut ditangkap Tim Bareskrim Polri bersama enam warga negara Bulgaria lainnya.

Seperti dilansir kriminalitas.com, dua tersangka telah dideportasi karena telah melanggar Undang-Undang Keimigrasian, sementara, empat orang lainnya melarikan diri ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Keempat tersangka ini ke NTT, kemudian menyeberang ke Timor Leste menuju Singapura.

Nama Dimitar Nikolov Iliev, warga negara Bulgaria, yang lahir pada 15 Juli 1973 telah terpampang di laman http://www.interpol.go.id. Dia dikenal penjahat dunia maya yang licin karena sulit ditangkap. Penjahat dengan spesialisasi cybercrime ini mampu berbahasa Inggris dan Rusia.

Dalam pemeriksaan penyidik Bareskim terhadap IIT, nama Dimitar Nikolov Iliev terungkap. Dari ‘nyanyian’ IIT diketahui dalam melakukan operasinya, sindikat pimpinan Iliev ini menggunakan alat penyadap menyerupai router. Alat penyadap ini mampu membaca lajur transaksi kartu ATM milik korban, sesaat setelah korban memasukkan kartunya ke mesin ATM.

Modus ini berbeda dengan modus-modus pencurian uang ATM sebelumnya karena biasanya pelaku memasang skimmer dan kamera tersembunyi untuk mengetahui PIN ATM korban.

Kasus ini terungkap setelah sebuah bank swasta nasional mengadukan ke polisi terkait aktifitas mencurigakan yang terekam CCTV di beberapa lokasi ATM di Bali yang dilakukan oleh IIT dan kawan-kawannya.

Selanjutnya...

Komentar