nusabali

Bupati Suwirta : Klungkung Miliki SDM Unggul

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-klungkung-miliki-sdm-unggul

Kabupaten Klungkung belakangan ini berhasil mengukir pelbagai prestasi baik tingkat daerah, nasional, bahkan Asia.

SEMARAPURA, NusaBali

Hal ini membuktikan, Klungkung memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) unggul, meskipun Klungkung merupakan kabupaten terkecil di Bali.  Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menerima para siswa berprestasi yang akan mengikuti lomba multikuis Kita Harus Belajar (Kihajar) dan Lomba Olimpiade  Literasi, di rumah dinasnya Minggu (7/10).

Menurutnya semua pihak harus terus memupuk rasa jengah sehingga prestasi bisa terus berkesinambungan. Untuk mengapresiasi para peraih prestasi serta menumbuhkan semangat dan rasa jengah untuk ikut berprestasi kepada yang lain, Bupati Suwirta memiliki gagasan untuk menampilkannya di hadapan publik lewat sebuah kegiatan Pentas Bintang. “Kami akan ciptakan sebuah wadah kegiatan dimana para peraih prestasi akan menunjukkan kemampuan dan prestasi yang telah diperoleh. Sehingga akan tumbuh rasa jengah dan semangat untuk ikut berprestasi bagi yang lain,” ujar Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan mengatakan, tujuh siswa Klungkung akan berlomba mewakili Bali di tingkat nasional. Tiga orang akan berlaga di ajang Olimpiade Literasi yakni Dewa Ayu Dyana Santi Sahadewi dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia, Gusti Ayu Adhira Iswa Adi dalam lomba kreativitas cerita bahasa Inggris dan Komang Rahayunita dalam lomba Cipta Puisi. Ketiga siswi SMPN 2 Semarapura yang duduk di kelas VIII ini akan mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta pada 27 - 31 Oktober mendatang. “Dari empat kategori lomba Klungkung memberangkatkan tiga wakilnya sedangkan satu wakil lain dari Gianyar. Kita unggul dengan mengirimkan lebih banyak peserta,” ujar Dewa Darmawan.

Klungkung juga mengirimkan empat siswa peserta lomba Kihajar, dua untuk tingkat SD dan dua lainnya untuk tingkat SMP. Tingkat SD diwakili Sagita Cinta Ananta siswa kelas V dan Putu Ayu Kresna Devany siswa kelas VI. Keduanya merupakan siswa SDN 1 Semarapura Kangin. Untuk tingkat SMP diwakili oleh Gede Agus Sudarmawan kelas VIII dan I Dewa Gede Lokamaheswara kelas IX, di mana keduanya merupakan siswa SMPN 1 Semarapura. Lomba multikuis Kihajar akan diselenggarakan pada 9 Oktober mendatang di Hotel Sultan, Jakarta. “Keempat siswa ini sebelumnya telah mengikuti seleksi ketat di tingkat provinsi dan telah lolos untuk mengikuti lomba yang  diselenggarakan oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemendikbud Jakarta," ujarnya.

Kepada seluruh siswa yang akan berlomba ini, Bupati Suwirta berpesan untuk tidak gugup dan takut dalam menghadapai lomba nantinya. Persiapan dalam mengahadapi lomba harus dimatangkan. Para guru diperintahkan untuk selalu membimbing dan membina anak didiknya sehingga tidak gugup dalam lomba nanti. “Selamat kepada seluruh adik-adik yang akan berangkat mewakili Klungkung,’’ jelasnya *wan

Komentar