nusabali

Job Fair 2018 Tembus 2.500 Lamaran

  • www.nusabali.com-job-fair-2018-tembus-2500-lamaran

Penutupan Job Fair 2018 yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kota Denpasar, di parkir utara Taman Kota Lumintang, Sabtu (6/10) menerima sebanyak 2.500 lamaran.

DENPASAR, NusaBali
Lamaran tersebut melebihi target yang ditetapkan yakni sebanyak 1.554 lowongan kerja dari 30 perusahaan yang bergabung dalam Job Fair tersebut. Yang paling tinggi peminat dari lowongan itu  yakni pada bagian perbankan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi, IGA Rai Anom Suradi saat ditemui seusai kegiatan mengungkapkan, pihaknya menerima lamaran kerja sebanyak 2.500 lamaran. Padahal jumlah pengunjung hanya mencapai 1.274, hal itu membuktikan masih banyak masyarakat yang antusias dengan Job Fair yang melibatkan perusahaan swasta ini. Dari jumlah itu, ada yang melamar lebih dari satu perusahaan untuk menggantungkan nasib mereka.

Tamatan yang paling banyak mengajukan lamaran yakni tamatan S1 sebanyak 1.387 lamaran, Diploma sebanyak 446 lamaran, dan SMA sebanyak 667 lamaran. Hal itu membuktikan masih banyak pengangguran dari Sarjana yang membutuhkan pekerjaan. "Job Fair kali ini antusiasme warga yang melamar cukup banyak. Kenapa melebihi dari jumlah kunjungan lamarannya, karena mereka yang datang bisa melamar lebih dari satu perusahaan. Itu diperbolehkan karena untung-untungan," ungkapnya.

Dengan antusiasnya pelamar kali ini, pihaknya berharap bisa terus melaksanakan Job Fair ditahun berikutnya untuk membantu pencari kerja. Kata dia, dengan Job Fair ini pihaknya sudah memberikan kontribusi pengurangan pengangguran yang ada di Kota Denpasar. Kendati prediksi target yang diterima pada perusahaan 5-6 persen di tahun ini. "Kami tidak berani bilang lebih dari itu (5-6 persen, red). Yang pastinya dalam hal ini, Job Fair ini bisa membantu oencari kerja sesuai yang mereka inginkan," imbuhnya.

Sementara salah satu pencari kerja yang saat itu tengah menaruh lamaran, Windu, dari Sanur, mengaku Job Fair ini sangat bermanfaat baginya, karena untuk mencari kerja bisa diberikan pilihan dimana kemampuan mereka harus bekerja. "Job Fair ini sangat baik bagi saya, karena yang menganggur seperti saya bisa mencari dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Ayu dari Denpasar. Dikatakannya, Job Fair ini sangat membantu mereka yang mencari kerja. "Job Fair ini menjadi harapan saya untuk mendapatkan kerja, apalagi saya sehabis tamat S1 Akuntasi tahun 2016 laku. Ingin mencari perkerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Saya harapkan Job Fair ini bisa dilakukan terus menerus, apalagi setiap tahun akan ada lulusan yang mencari kerja," ujar Ayu. *mi

loading...

Komentar