nusabali

Wabup Kasta Minta Finishing Roro Maksimal

  • www.nusabali.com-wabup-kasta-minta-finishing-roro-maksimal

Tiga hari jelang berakhirnya masa kontrak docking kapal Roro Nusa Jaya Abadi (NJA), Senin (8/10), Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menggelar sidak, Jumat (5/10).

SEMARAPURA, NusaBali
Sidak untuk memastikan pelaksanaan docking berjalan baik, dan dikerjakan secara maksimal sesuai rencana. Kedatangan Wabup didampingi Plt Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Setda Kabupaten Klungkung I Ketut Sena di galangan kapal PT Dewa Ruci Agung kawasan Tanjung Perak Surabaya.

Diterima Owner PT Dewa Ruci Agung Erikson Sianipar,  bersama Manajer Teknik Samsul dan staf teknik Sartono. Proses docking kini sudah memasuki tahap finising dan uji coba (testing) pelayaran. Meski sudah berada ditengah laut, didampingi petugas bagian teknik, Wakil Bupati mengecek beberapa bagian yang masuk dalam perencanaan docking kapal NJA.

Wabup Kasta dalam inspeksi tersebut menilai secara keseluruhan proses docking sudah berjalan baik. Tetapi, Wabup berpendapat beberapa bagian masih perlu mendapat perhatian, seperti kaki-kaki tempat duduk penumpang yang kurang di cat dan pintu toilet pria perlu diperbaiki. Untuk itu, Wabup berharap dalam sisa waktu ini semua finising agar dapat dilakukan secara maksimal untuk kenyamanan masyarakat. "Kami mengecek kondisi kapal, tetapi masih ada beberapa yang perlu penanganan lagi. Kami sudah usulkan mudah-mudahan bisa diperbaiki," ujarnya.

Manajer Teknik PT Dewa Ruci Agung, Samsul menyatakan untuk tahap docking kapal Roro Nusa Jaya Abadi telah selesai dikerjalan. Perbaikan yang dilakukan meliputi beberapa bagian yang tertuang dalam kontrak kerja, seperti lambung kapal, dek, mesin, kelistrikan, pengecatan, alat-alat keselamatan dan lainnya. Menurut Samsul, saat ini kapal tengah dilakukan tahap testing pelayaran dengan menarik dari galangan kapal menuju ketengah laut. "Untuk docking sudah finising, sekarang kita lakukan tes ketengah laut," ujar Samsul didampingi staf teknik, Sartono.

Samsul menambahkan, meski sudah memasuki tahap testing, dalam sisa waktu tiga hari ini pihaknya akan melakukan pengecekan-pengecekan kembali terhadap mesin dan kelistrikan untuk memastikan agar semuanya berjalan normal. Di samping itu, ke depan pihaknya menyarankan agar dalam menyusun perencanaan docking bisa diupayakan melibatkan Biro Klarifikasi Indonesia (BKI) atau dalam istilah dokternya kapal.

Kapal Roro Nusa Jaya Abadi yang diresmikan dan dioperasikan tahun 2007 silam, menjalani docking rutin setiap tahun. Untuk tahun 2018, kapal bantuan Pemerintah Provinsi Bali ini kembali menjalani docking selama satu bulan dengan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar. Selama docking, sebagai pengganti kapal Roro NJA sementara menggunakan dua kapal jenis LCT yang khusus mengangkut barang.*wan

Komentar