nusabali

Pemkab Berikan Pembekalan Penciptaan Wirausaha Disabilitas

  • www.nusabali.com-pemkab-berikan-pembekalan-penciptaan-wirausaha-disabilitas

Pemkab Klungkung melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja mengadakan Pembekalan Penciptaan Wirausaha Baru Kegiatan Pemberdayaan Tenaga Kerja Produktif bagi kelompok Cooking dan SPA.

SEMARAPURA, NusaBali
Kegiatan dilaksanakan di Pondok Wisata Graha Purwaka Pangi, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (4/10).

Tujuan pembekalan, mendorong terciptanya kesempatan kerja melalui penciptaan wirausaha baru dan kemudahan akses ekonomi dan menanggulangi penggangguran terutama tenaga kerja disabilitas.

Acara dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Tenaga Kerja RI Nur Rahman, Waka Polres Klungkung Kompol Heri Supriawan, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Gede Kusuma Jaya dan instansi terkait lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan pelatihan wirausaha baru ini bermanfaat untuk untuk kaum disabilitas. Bupati juga berharap ada inventarisir keahlian sehingga mudah diarahkan melalui pelatihan sesuai dengan kemampuan pada masing-masing disabilitas. Dimana nantinya akan dijadwalkan pelatihan-pelatihan program enterpreneur masuk desa.

Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Tenaga Kerja RI Nur Rahman, sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Klungkung yang telah menunjukkan langkah nyata. Pemkab  juga sangat inovatif dan peduli terhadap kaum disabilitas. Hal ini sesuai upaya implementasi pengembangan masalah hak-hak penyandang disabilitas dan mengilangkan diskriminasi sesuai UU No 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas dan peningkatan kemandirian kerja, memberikan kesempatan pelatihan dan pendidikan sehingga mampu menjadi wirausahawan yang sukses dan mandiri.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Gede Kusuma Jaya, melaporkan pembekalan ini dengan dua paket yakni kelompok cooking dan kelompok SPA. Instrukturnya dari lembaga pelatihan kerja dan SPA di Klungkung. Pembekalan berlangsung 4 - 6 Oktober 2018, disertai penyerahan secara simbolis alat-alat pelatihan oleh Bupati Klungkung kepada perwakilan peserta. *wan

Komentar