nusabali

Penyisiran Merambah Perairan Banyuwangi

  • www.nusabali.com-penyisiran-merambah-perairan-banyuwangi

Pencarian Instruktur Diving  asal Jerman yang Hilang

SINGARAJA, NusaBali
Tim gabungan pencarian  instruktur diving asal Jerman, Bernd Klaus Welzinger, 62, masih melakukan penyisiran di tengah laut. Hingga Rabu (3/10) kemarin, tim gabungan dari Pos SAR Buleleng dan Jembrana, Satpol Airud Polres Buleleng, TNI-AL, BPBD, perusahaan diving dan nelayan, belum juga menemukan tanda-tanda keberadaan Klaus. Pencarian di hari keempat pun diperluas hingga daerah perairan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepala Pos SAR Buleleng, Made Neksen yang dihubungi Rabu sore, pencariannya dengan jumlah personel lengkap tim gabungan meluaskan titik pencarian hingga 114 nutickelmill persegi. Tim gabungan bergerak dari titik lokasi penyelaman korban 11 kilometer menyebar ke arah Barat, Utara dan Timur. “Hari ini kita perluas lagi pencariannya, sampai wilayah Wongsorejo, tetapi sampai saat ini masih nihil,” katanya yang dihubungi via telepon.

Tim gabungannya pun turun sejak pukul 07.15 hingga 17.30 WITA melakukan pencarian dan penyisiran menggunakan rubber boat RIB dan juga kapal patroli Polairud Polres Buleleng. Sementara itu dalam pencarian hari kelima rencananya akan ditunjang  melalui udara.

Neksen mengatakan pihak keluarga korban Klaus sudah berkoordinasi dengannya dan akan membantu proses pencarian dengan menyewa helikopter secara pribadi. “Helinya disewa keluarga korban, bukan dari SAR, besok rencana akan gabung pencarian di udara,” imbuhnya. Helikopter itu rencanaya akan lepas landas di lapangan terbang Letkol Wisnu pukul 07.00 WITA. Sedangkan pencarian dan penyisiran di laut tetap dilakukan oleh tim gabungan.

Sementara itu dari informasi yang dihimpun, korban Klaus yang sudah menetap di Bali terakhirkali tercatat sebagai warga Banjar Dinas Beluhu Kangin, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem. Hanya saja saat terjadi erupsi gunung Agung setahun yang lalu dia memutuskan pindah dan mengontrak rumah di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak Buleleng.

Korban Klaus yang merupakan instruktur diving profesional pada Minggu (30/9) dinyatakan menyelam di kedalaman 110 meter di periaran Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak Buleleng. Ia dinyatakan hilang oleh warga setempat setelah siang hari tak kunjung muncul di permukaan laut.*k23

Komentar