nusabali

Percantik Wilayah dengan ‘Rurung’ Mural

  • www.nusabali.com-percantik-wilayah-dengan-rurung-mural

Setelah sebelumnya mengembangkan inovasi ‘gang hijau dan kampung hijau’, kini desa/kelurahan kembali berinovasi dengan pengembangan ‘rurung mural’.

DENPASAR, NusaBali
Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah kreatifitas bagi seniman dan kaula muda untuk menambah keindahan dan kecantikan lingkungan sekitar. Seperti halnya di Desa Dauh Puri Klod, Denpasar Barat yang telah mengembangkan ‘rurung mural’.

Bahkan, kedepan Kelurahan Sesetan juga akan mengembangkan ‘rurung mural’ dengan menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Adapun wilayah gang yang sudah ditata yakni Jalan Serma Made Phil, Jalan Serma Mendra, dan Jalan Teuku Umar Gang Rajawali. Sedangkan untuk Kelurahan Sesetan akan ditata dengan menyasar Jalan Gurita sepanjang 30 Km, Jalan Suwung Batan Kendal Gang Sari Gading sepanjang 20 Km, dan pinggiran sungai di Pura Dalem Batan Kendal sepanjang 25 Km.

Dengan tema lingkungan 'kebersihan sungai, menanam pohon, memilah sampah, dan permainan anak-anak'.

Plt Kades Dauh Puri Klod, Ni Wayan Sekarniti, Senin (1/10) mengatakan pengembangan gang mural ini merupakan bentuk pembangunan dan pengembangan desa yang melibatkan masyarakat. Adanya ‘rurung mural’ ini memberikan beragam manfaat bagi lingkungan.  Selain dapat mempercantik kawasan gang dan jalan, adanya rurung mural ini tentu menjadi wadah pengembangan bakat melukis dan seni bagi generasi muda. “Dengan adanya seni mural di gang-gang tentu dapat menambah keindahan gang itu sendiri, sehingga kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan diharapkan tumbuh seiring kondisi gang yang terus dipercantik,” ungkapnya. *mi

Komentar