nusabali

Pelatih Tarung Derajat Bali Kantongi Sertifikat Internasional

  • www.nusabali.com-pelatih-tarung-derajat-bali-kantongi-sertifikat-internasional

Pengprov Keluarga Tarung Derajat (Kodrat) Bali terus meningkatkan kualitas pelatihnya jelang Pra PON dan PON Papua XX/2020.

MANGUPURA, NusaBali

Peningkatan standar pelatih bersertifikat internasional diraih oleh tujuh  pelatih asal Bali yang menuntaskan kegiatan pelatihan nasional di Jawa Barat pada 27-29 September lalu. "Standar sertifikat kepelatihan tidak hanya label nasional. Tapi juga bisa melatih petarung internasional. Karena ini program kerjasama dengan pihak Kemenpora. Jadi pelatih yang lulus mendapat sertifikat nasional dan internasional," ucap Sekum Pengprov Kodrat Bali, AA Bagus Tri Candra Arka atau akrab disapa Gung Cok, Selasa (2/10).

Tujuh pelatih di antaranya Kang Fred, Pande Dirgahayu, IB Adnyana, Kang Sidi, Kang Sudarma, Gede Swandika dan Gung Cok. “Jadi ini kesempatan yang bagus dapat melatih ke luar negeri nantinya. Sehingga pelatih tarung derajat tersebut tidak hanya berkecimpung di lokal saja, tapi juga di internasional nantinya,” tegasnya.

Gung Cok sendiri statusnya sebagai pelatih utama, sedangkan sisa 6 orang nantinya adalah asisten pelatih utama.  Tujuh pelatih itu berasal dari Pengkab Kodrat Badung, Pengkab Kodrat Gianyar dan Pengkot Kodrat Denpasar. Mereka adalah pelatih dengan kurata VI dan Jat.

Gung Cok menambahkan, materi yang diberikan 60 persennya adalah gerak dasar dalam tarung derajat. Sedangkan sisa 40 persennya adalah pengembangan mental pelatih. "Khusus untuk pelatih utama ditentukan PB Kodrat, yang lainnya ditentukan Pengprov Kodrat Bali," tegas Gung Cok.

Disebutkan Bali menjadi  provinsi yang paling banyak mengirim pelatih di antara 24 provinsi yang ambil bagian dalam program kepelatihan itu. "Saya yakin militansi pelatih dalam mengembangkan tarung derajat di daerah asalnya akan semakin bagus nantinya. Dan, tarung derajat di Bali dipandang mengalami perkembangan yang luar biasa di level nasional," papar Gung Cok. *dek

Komentar