nusabali

Lagu ‘Soleh’ Dirilis di YouTube

  • www.nusabali.com-lagu-soleh-dirilis-di-youtube

Lagu yang terinspirasi dari kisah sendiri Dek Ulik bercerita tentang seseorang yang memutuskan untuk berpisah karena hubungan cinta yang sudah tidak sehat.

Jadi Single Ketiga Dek Ulik Tahun Ini


DENPASAR, NusaBali
Ni Made Suastini alias Dek Ulik kini kembali menyapa penggemar musik Bali dengan single terbarunya berjudul ‘Soleh’. Lagu yang terinspirasi dari kisah pribadinya itu dirilis di akun channel YouTube miliknya belum lama ini. Lagu ‘Soleh’ ini menjadi single ketiga Dek Ulik tahun ini setelah ‘Kudiang Jani’ dan ‘Dui di Hati’.

“Itu single yang pernah dinyanyikan oleh Ary Kencana, saya yang ciptakan sendiri. Nah sekarang, daripada saya vakum, saya rilis ulang saja, dan dibuatkan klip biar bisa mengobati rasa kangen fans,” ujar Dek Ulik ditemui di sela-sela acara Donor Darah HUT ke-24 NusaBali, Minggu (30/9).

Lagu ‘Soleh’, kata Dek Ulik, bercerita tentang seseorang yang memutuskan untuk berpisah karena hubungan cinta yang sudah tidak sehat. Lagu ini diciptakan sekitar tahun 2005, dan konon terinspirasi dari kisah sendiri. “Buat apa dipaksakan, kalau dua-duanya sudah tidak saling menyayangi lagi. Harus berani berpisah walaupun itu berat,” tuturnya.

“Ini terinspirasi dari kisah sendiri. Tidak sampai satu jam, saya ciptakan lagu ini sambil nyuci di kamar mandi. Jadi waktu nyuci saya bersenandung, habis nyuci saya bikin kata-katanya,” ujar Dek Ulik sambil tertawa.

Lagu ‘Soleh’ yang baru saja dirilis di akun channel YouTube Dek Ulik diaransemen oleh Ketut Sila, serta video klip Andy Duarsa. Dek Ulik juga turut mengajak Gede Bagus X-Factor sebagai model video klipnya. Video klip mengambil lokasi di Ubud dan proses syuting selama sehari penuh. Dek Ulik berharap kehadiran single ini mampu mengobati kerinduan para penggemarnya dimanapun berada.

Apalagi, dengan kemudahan teknologi Dek Ulik berharap blantika musik Bali semakin semarak. Meski dia menyadari, penjualan fisik CD belakangan ini mulai lesu, namun dunia musik Pulau Dewata harus tetap eksis, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada.

“Perkembangan teknologi sekarang semakin pesat, jadi kita harus mengikuti alurnya. Sekarang kan handphone sudah masing-masing ada di tangan, jadi mereka sangat gampang mengakses apapun. Mau tidak mau saya juga harus mengikuti itu, dan membuat akun channel youtube sendiri,” imbuhnya.

Plus minus media yang digunakan untuk publikasi pun disadari oleh Dek Ulik. Jika penjualan fisik rentan pembajakan, lewat online pun tidak jarang reupload dilakukan oleh oknum-oknum yang ingin meraup keuntungan. “Kalau pembajakan, kita sulit melacak. Nah, kalau akun youtube sekarang lebih mudah. Dan di sana (akun youtube, red) tidak main-main. Kalau ada yang melakukan upload ulang, kita bisa take down. Kita bisa tuntut,” katanya.

Kendati demikian, bukan berarti semangat membuat album langsung hilang. Dek Ulik mengaku, untuk sementara ini hanya menelurkan single dulu ke publik agar bisa dinikmati langsung oleh masyarakat. “Sementara ini sih bikin single dulu satu-satu, biar masyarakat bisa nikmatin setiap lagunya. Nanti kalau sudah banyak, baru dijadikan satu, jadi album. Untuk single saya di tahun ini ada tiga, ada ‘Kudiang Jani’, ‘Dui di Hati’, dan ‘Soleh’,” terang Dek Ulik yang sudah menelurkan 10 album.

Setelah lagu ‘Soleh’, rencananya Dek Ulik beserta sang suami, Kadek ‘Lolak’ Arimbawa akan kembali mengeluarkan single duet terbaru. Namun lagunya sendiri masih dirahasiakan. “Lagunya sudah siap, tinggal syuting, dan tinggal 2 atau 3 bulan lagi kita akan launching,” tandasnya. *ind

Komentar