nusabali

Turis Jerman Tewas saat Diving di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-turis-jerman-tewas-saat-diving-di-nusa-penida

Salah seorang wisatawan asal Jerman, Renate Simone Steglich,52, tewas saat diving di perairan Manta Point, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (29/9) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali
Belum diketahui secara penyebab turis ini tewas saat diving.  Saat ini, jenazah korban sudah dititip di RSUP Sanglah, Denpasar. Korban tinggal sementara di Hotel Candi Beach Resort, Candidasa, Karangasem. Kasubag Humas Polres Klungkung AKP I Putu Gede Ardana mengatakan, sesuai laporan Manager Candi Beach Candidasa, Andreas,45, turis Jerman ini berangkat dari salah satu pelabuhan di Karangasem menuju perairan Manta Point, Nusa Penida, sekitar pukul 09.15 Wita. Ketika itu saksi Andreas bersama korban dan rombongan sebanyak tujuh orang. “Mereka hendak melakukan kegiatan diving dengan Boat Paradise,” ujar Kasubag AKP Ardana, Minggu (30/9).

Pada pukul 10.00 Wita, lanjut AKP Ardana, mereka tiba di Manta Point. Setelah diberikan arahan oleh Andreas/saksi,  mereka langsung diving dengan kedalaman 15 meter. Berselang 10 menit, tiba-tiba korban minta naik ke permukaan. “Setelah di permukaan korban muntah-muntah. Kemudian Andreas mengangkat korban ke atas boat dan menyelamatkan korban dengan memberikan CPR (cardiopulmonary resuscitation) dan emergency oksigen. Namun korban tak sadarkan diri,” katanya.

Beberapa saat kemudian, tiga orang anggota rombongan lainnya, naik ke permukaan laut. Selanjutnya mereka memberikan bantuan CPR. Sesaat kemudian korban langsung dilarikan ke Klinik Penta Medika, Candidasa Karangasem. “Setelah tiba di klinik itu, korban diperiksa oleh paramedis dan akhirnya dinyatakan meninggal dunia,” ujarnya. Selanjutnya, korban dibawa ke RSUP Sanglah, Denpasar, dan tengah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis mengenai penyebab korban meninggal.*wan

Komentar