nusabali

3.000 Pelari Adu Kecepatan di Jalan Tol Bali Mandara

  • www.nusabali.com-3000-pelari-adu-kecepatan-di-jalan-tol-bali-mandara

Sebanyak 3.000 pelari mengikuti Mandiri Badung International Night Run 2108, Minggu (30/9) sekitar pukul 02.00 Wita.

MANGUPURA, NusaBali
Ribuan pelari dari berbagai negara itu mengikuti lari yang terbagi dalam 4 kategori, yakni Full Marathon 42 km diikuti 98 peserta, Half Marathon 21 km diikuti 457 peserta, 10 km diikuti 908 peserta, dan 5 km diikuti 1.537 peserta.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengibarkan bendera start di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan. Bupati Giri Prasta mengungkapkan lomba lari maraton ini merupakan kolaborasi antara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan Pemkab Badung dalam rangka memeriahkan Pesona Nusa Dua Fiesta dan HUT ke–9  Mangupura. Diakuinya, event ini merupakan pertama kali dilakukan oleh Pemkab Badung, dan merupakan salah satu inovasi untuk mempromosikan pariwisata Bali dan Badung.

Bupati Giri Prasta mengungkapkan kegiatan lomba lari maraton ini akan dimasukkan dalam kalender event tahunan Pemkab Badung. Lomba lari bertaraf internasional yang pertama kali digelar ini akan dievaluasi agar gelaran pada tahun berikutnya lebih baik lagi.

“Saya mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Ini adalah inovasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara. Berlari di jalan tol di atas laut adalah sebuah pengalaman baru bagi mereka untuk diceritakan saat pulang ke negaranya. Selain berlari di atas laut, pada pagi harinya mereka disuguhi indahnya matahari terbit. Ini kan satu hal yang menarik,” ujarnya.

Inovasi lainnya, Pemkab Badung sedang merancang pesta kembang api pada malam tahun baru mendatang di Pantai Kuta. Pesta kemabang api itu nanti dirancang menjadi yang terbesar dan melibatkan media internasional.

“Di tahun baru nanti kita juga akan mencoba melakukan pesta kembang api (fire work) dari tengah laut, ini kan belum pernah ada. Bukan berarti kami ini bakar bakaran uang, tetapi adalah upaya wahana promosi. Kami akan kemas bagaimana event ini ada identitas khususnya, nanti ini akan kami laksanakan di Kuta,” imbuhnya.

Dirut ITDC Abdulbar M  Mansoer menambahkan event yang digelar ini menandakan bahwa jalan tol bisa dipakai untuk venue olaharaga, dengan pengaturan dan manajemen yang tepat.

Guna kelancaran, keamanan, dan kenyamanan para pelari, Jalan Tol Bali Mandara disterilkan selama delapan jam pada Minggu (30/9) pukul 00.00 – 08.00 Wita. Selain itu kawasan ITDC, Jalan Raya Nusa Dua, dan Jalan Bypass Ngurah Rai yang dilalui oleh para pelari dijaga oleh kepolisian dan dinas perhubungan. *p

loading...

Komentar