nusabali

Lereng Gunung Agung Terbakar

  • www.nusabali.com-lereng-gunung-agung-terbakar

Lereng Gunung Agung terbakar diperkirakan di ketinggian 1.500 meter. Kebakaran terlihat dari wilayah Banjar Daya, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (27/9) pukul 11.12 Wita.

AMLAPURA, NusaBali
Petugas pemadam kebakaran kesulitan mendekati lokasi karena medannya berat dan tidak ada jalan karena di tebing curam. Asap Gunung Agung dari lokasi kebakaran terus mengepul, ditiup angin kencang dari arah timur.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa, kesulitan memastikan lokasi titik api. Sementara masih berkoordinasi dengan petugas Resort Polisi Hutan Bali Timur.  “Kami tengah berupaya mencari jalan menuju titik lokasi kebakaran. Pergerakan api cenderung turun menjalar ke hutan Banjar Pura Gae, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang,” katanya, Jumat (27/9).

Perkiraan awal, titik kebakaran di Banjar Daya, yang merupakan perbatasan Desa Ban, Kecamatan Kubu dengan Banjar Pura Gae, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang. Kapolsek Kubu AKP Made Suadnyana mengaku belum dapat laporan terkait adanya kebakaran di lereng Gunung Agung. “Kami sempat memantau, ada asap mengepul dari lereng Gunung Agung. Kami belum berani memastikan apakah asap itu dari kebakaran atau asap karena mendung,” katanya.

Terpisah, Perbekel Desa Pempatan Kecamatan Rendang, I Nengah Kuta memantau dan melihat ada asap dari Banjar Pura Gae. Sedangkan Sekretaris Relawan Pasemetonan Jagabaya (Pasebaya) Agung Karangasem, I Wayan Suara, membenarkan ada kebakaran hutan di lereng Gunung Agung. “Kebakaran itu terjadi di tebing curam sulit dijangkau. kemungkinan besar penyebabnya gesekan kayu di wilayah Banjar Pura Gae bagian utara,” kata I Wayan Suara. *k16

Komentar