nusabali

Hasil Survei, Jokowi Unggul di Semua Pulau

  • www.nusabali.com-hasil-survei-jokowi-unggul-di-semua-pulau

Hasil survei LSI Denny JA tunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin (Capres-Cawapres yang diusung PDIP-Golkar-PKB-PPP-NasDem-Hanura-PKPI-Perindo-PSI) ungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (diusung Gerindra-Demokrat-PAN-PKS-Partai Berkarya) di semua pulau di Indonesia.

JAKARTA, NusaBali
Sukses Asian Games XVIII 2018 ikut dokrak rating Jokowi. Hasil survei yang menempatkan Jokowi-Ma’ruf unggul di semua pulai ini disampaikan peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, di jakarta, Kamis (27/9). Ardian mengatakan di Jawa, Jokowi-Ma’ruf unggul 52,6 persen, sementara Prabowo-Sandi hanya kebagian 25,9 persen.

"Jawa secara populasi pemilih ada 56,7 persen. Ini gabungan Jabar, Jateng, Jatim, Banten, hingga DKI. Sejauh ini di Jawa masih dikuasai Jokowi-Ma'ruf," ujar Ardian dilansir detikcom. Selain Jawa, pulau yang dijadikan sampel survei adalah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara. Di Sumatra, Jokowi-Ma’ruf menang tipis atas Prabowo-Sandi.

Di Kalimantan, Jokowi-Ma’ruf unggul 61,4 persen atas Prabowo-Sandi yang hanya kebagian 30,0 persen. Di Sulawesi, Jokowi-Ma’ruf unggul 58,9 persen atas Prabowo-Sandi yang kebagian 26,7 persen. Sedangkan di Maluku-Papua, Jokowi-Ma’ruf menang telak 76,0 persen atas Prabowo-sandi yang hanya dapat 12,0 persen. Untuk Bali dan Nusa Tenggara, Jokowi unggul dengan dukungan 50,0 persen atas Prabowo-Sandi yang dapat 35,0 persen. "Dari data ini di 6 pulau, Jokowi unggul relatif besar, kecuali di Sumatra," papar Ardian.

Survei ini dilakukan LSI Denny JA periode 14-22 September 2018. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah 1.200 responden di 34 provinsi se-Indonesia. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,9 persen.

Ardian mengatakan, Presiden Jokowi dinilai sebagai sosok yang paling berkontribusi atas suksesnya penyelenggaraan Asian Games XVIII di Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September 2018 lalu. Kesuksesan itu ikut mendongkrak dukungan suara Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. Menurut Ardian, Jokowi dinilai paling berpengaruh dengan 44,30 persen terkait sukses Asian Games 2018. Orang paling berpengaruh beriitnya atas sukses Asian Games 2018 adalah Erick Thohir (20,00 persen), Ka-polri Jenderal Tito Karnavian (9,10 persen), dan Whisnutama (2,70 persen). *

Komentar