nusabali

Pembobol Pura Kayangan Jagat Masih Misterius

  • www.nusabali.com-pembobol-pura-kayangan-jagat-masih-misterius

Kasus pencurian pretima jenis perhiasan emas milik Pura Kayangan Jagat Dalem Solo, Banjar Aseman, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung yang terjadi pada Jumat (21/9) sekitar pukul 02.00 Wita lalu masih dalam penyelidikan petugas gabungan dari Polsek Abiansemal yang diback up penuh Sat Reskrim Polres Badung.

DENPASAR, NusaBali
Meski sudah memeriksa keterangan belasan saksi, pelakunya masih misterius.  Informasi yang dihimpun dilapangan, pasca laporan masuk ke Polsek Abiansemal pada Jumat. (21/9) pagi, petugas gabungan dari Polsek dan Polres langsung turun ke TKP. Bahkan, tim Inafis juga diterjunkan untuk mencari bukti petunjuk berupa sidik jari pelaku yang diduga 'melekat' dilemari tempat penyimpanan barang berharga itu. Meski demikian, hasil pemeriksaan itu belum berhasil menguak identitas terduga pelaku. Disisilain, petugas juga mendalami keterangan belasan orang saksi. Hanya saja, saksi yang diperiksa tidak melihat langsung dan hanya mengetahui setelah kejadian. "Kita memang sudah periksa saksi, jumlahnya belasan. Tapi saksi itu hanya sebatas mengetahui setelah kejadian dan juga saksi yang mengakui barang-barang yang ada di TKP," terang sumber di Polres Badung, Senin (24/9) siang.

Pemeriksaan lain seperti menyusuri kamera pengawas yang ada disepanjang jalan juga dilakukan, tapi, semuanya masih nihil alias tidak menemukan titik terang. Saat ini, petugas masih berpatokan pada keterangan saksi pertama yang melihat yakni pengempon pura I Ketut Suwena, 42, yang kala itu bertugas bersih-bersih di areal pura Kayangan Jagat Dalem Solo, Banjar Aseman, Desa Sedang sekitar pukul 08.00 Wita dan menemukan barang berharga raib. “Dugaan awal kita memang pelakunya lebih dari satu orang. Mengingat, situasi saat itu sepi dan juga kita masih analisa lebih dalam keterangan saksi yang pertama melihat itu," ungkap sumber tadi.

Dikonfirmasi terpisah Kasat Reskrim Polres Badung AKP I Made Pramasetya mengaku jika sampai saat ini anggota mesih melakukan penyelidikan di lapangan. Hanya saja, ia belum mengungkapkan sejauh mana perkembangan penanganan kasus. Sebab, dari keterangan saksi-saksi belum ada perkembangan signifikan. Hal senada juga disampaikan Kapolsek Abiansemal Kompol I Nyoman Weca yang memgaku semua bukti petunjuk saat ini masih dianalisa untuk menguak pelaku pencurian. "Masih dalam penyelidikan semua. Nanti kita akan sampaikan kalau sudah ada perkembangan," singkat Kapolsek Kompol Nyoman Weca.

Sebelumnya diberitakan aksi pencurian terjadi di Pura Kayangan Jagat Dalem Solo, Banjar Aseman, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Jumat (21/9). Kawanan maling berhasil mengondol berbagai macam emas. Akibatnya, pihak korban mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai puluhan juta. Kasus ini pun masih dalam penyelidikan petugas Reskrim Polres Badung hingga saat ini. *dar

Komentar