nusabali

Pemkab Badung Serahkan Dana Aci Rp 800 Juta

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-serahkan-dana-aci-rp-800-juta

Pemkab Badung menyerahkan dana aci sebesar Rp 800 juta saat Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, lan Tawur Balik Sumpah di Pura Mrajapati, Banjar Pandean, Desa Adat Mengwi, pada Saniscara Kliwon Wayang, Sabtu (22/9).

MANGUPURA, NusaBali
Dana aci diserahkan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang menghadiri karya tersebut. Hadir pula Wakil Ketua DPRD I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, serta tokoh masyarakat Banjar Pandean, Desa Adat Mengwi.

Wabup Suiasa menyampaikan kehadiran pemerintah di tengah-tengah krama di Banjar Pandean sebagai wujud dukungan serta ikut ngrastitiang/mendoakan semoga Karya Tawur Balik Sumpah berjalan dengan baik dan masyarakat serta jagat Badung diberikan perlindungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Ketua Panitia Karya I Nyoman Dwi Suama Artha mengatakan Pura Mrajapati, Banjar Pandean Mengwi dibangun tahun 1927 dan sempat diperbaiki pada 1994. Pura diempon oleh krama Banjar Pandean Mengwi dengan jumlah 58 KK.

“Pada 1994 pernah diperbaiki, namun karena di depan pura ini sudah menjadi jalan provinsi serta dilalui kendaraan besar, sehingga panyengker dan beberapa palinggih mulai rusak. Untuk itu kembali diperbaiki lagi sejak dua tahun yang lalu, dan sudah selesai setahun lalu bertepatan dengan Puja Wali Purnama Kapat, telah pula dipelaspas alit. Tahun ini dilanjutkan karya mamungkah,” ujarnya. Karya dipuput Ida Sira Empu dari Griya Kediri, Ida Sira Empu Griya Munggu, dan Ida Sira Empu Batubulan. Rangkaian karya 26 Agustus 2018 sampai 5 November 2018 mendatang. *asa

Komentar