nusabali

Anak-anak Tak Lagi Bisa Gratis

  • www.nusabali.com-anak-anak-tak-lagi-bisa-gratis

Dengan adanya penyesuaian tarif ini pelayanan dan keselamatan terhadap penumpang mesti lebih ditingkatkan.

Naik Speed Boat Nusa Penida – Klungkung Daratan

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Perhubungan (Dishub) Klungkung akan mengenakan tarif penyeberangan speed boat jurusan pelabuhan di Klungkung daratan - Nusa Penida. Mengacu Keputusan Menteri No 58 Tahun 2003, tarif anak-anak maksimal 70 persen dari tarif penumpang dewasa. Maka tarif untuk anak-anak Rp 35.000/orang.

Pengenaan tarif ini khusus untuk penumpang anak-anak usia di bawah 10 tahun. Karena selama ini, mereka digratiskan menyeberang naik boat. Dishub juga menaikkan tarif boar untuk penumpang dewasa, namun tidak terlalu signifikan. Jika sebelumnya, penumpang dewasa dikenakan Rp 45.000/orang, kini naik menjadi Rp 50.000/orang. Kenaikan ini karena pengaruh inflasi dan peningkatan biaya operasional kapal yang dikeluarkan oleh operator. ‘’Rencana kenaikan tarif ini akan dibahas lebih lanjut dengan pihak terkait,’’ jelas Kepala Dishub Klungkung I Nyoman Sucitra

Ia mengatakan, kenaikan tarif tersebut termasuk Jasa Raharja dan jasa tangga, jetty, dan ponton. Di samping untuk tertib adimistrasi, pengenaan tarif ini juga untuk menjamin anak-anak untuk masuk manifest penumpang. Syahbandar sangat berkepentingan dengan ini. Sehingga, asuransinya juga terjamin.

Salah seorang warga Klungkung I Dewa Antara Putra, mengarakan tidak mempermasalahkan apabila anak-anak juga dikenakan tarif menyeberang dengan boat. Namun dirinya berharap dengan adanya penyesuaian tarif ini pelayanan dan keselamatan terhadap penumpang mesti lebih ditingkatkan. "Untuk penyesuaian tarif itu sejauh ini saya belum tahu. Namun saya tetap akan mengikuti, sepanjang  layanan juga ditingkatkan," ujarnya.

Data Dishub Klungkung, jumlah fast boat di Desa Kusamba-Nusa Penida 10 boat. Di antaranya Gangga Express 4 boat, Maruti 3 boat, Sekarjaya 1 boat, Mola-mola Express 1 boat dan Semabu Hill 1 boat. Sedangkan dari Sanur-Nusa Penida 26 boat yakni dari penyeberangan dari Nusa Penida-Sanur 10 boat, Pelabuhan Jungutbatu Nusa Penida-Sanur 8 boat dan Pelabuhan di Lembongan-Sanur 8 boat.*wan

Komentar