nusabali

Kerap Krodit, SDN 3 Sanur akan Ditukar Guling

  • www.nusabali.com-kerap-krodit-sdn-3-sanur-akan-ditukar-guling

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Sanur yang terletak di Jalan Intaran, Sanur, Denpasar Selatan dinilai tak layak sebagai tempat belajar-mengajar.

DENPASAR, NusaBali

Hal itu disebabkan lokasinya di kawasan padat lalulintas dekat perempatan jalan, terlebih di sana juga dekat dengan pasar. Rencana bangunan gedung SD ini akan ditukar guling. Nantinya gedung SDN 3 Sanur akan dibangun lahan kosong di desa setempat yang lebih representatif bagi siswa.

Kepala Sekolah (Kasek) SDN 3 Sanur, Made Wijana saat dikonfirmasi, Sabtu (22/9) mengatakan rencana tersebut sedang menunggu kajian dari bagian aset. Baik dari teknis maupun harga dari lahan dan bangunan SDN 3 yang akan dikerjakan tersebut. "Terkait tukar guling, saya di mana saja mau, karena menjalankan tugas saja. Disuruh ke sana ya jalan, ke mari disuruh juga jalan," terangnya.

Dia mengaku bahwa lokasi SDN 3 saat ini memang sering terjadi kemacetan di depan sekolah. Terlebih pada pagi hari saat jam masuk sekolah, sehingga dirasakan membahayakan keselamatan siswa. Mengingat lokasi SD yang sekarang tepat di pojok perempatan.

Luas tanah SDN 3 saat ini seluas 12,5 are. "Kalau dipindah lokasinya lebih luas lagi beberapa are saja. Itupun di daerah Banjar Dajan Peken, yang tidak jauh dari SD yang sekarang. Hanya saja jalurnya tidak padat lalulintas karena ada di kawasan jalan buntu," jelas dia.

Lanjutnya,  pemindahan tersebut beberapa kali juga telah dibicarakan bersama orang tua siswa. Bahkan seluruh orang tua siswa dikatakan mendukung, dan mengatakan tidak ada masalah.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Kota Denpasar, AA Susruta Ngurah Putra secara prinsip telah merekomendasikan lahan baru. Bahkan tidak menemui permasalahan, lantaran sebelumnya terkendala aturan yang ada. Terlebih pengajuan tukar guling itu dikatakan pengajuannya sejak  tahun 2012 lalu.

"Kalau dihitung pengajuannya sejak 2012 lalu, namun kendala aturan. Di samping itu sekolahnya masih aktif, jadi tidak bisa kita pindahkan begitu saja tanpa disediakan bangunan yang sudah bisa digunakan terlebih dahulu," terang politisi Demokrat tersebut. *mi

Komentar