nusabali

Kantor Kemenag Karangasem Kejar Predikat WBK dan WBBM

  • www.nusabali.com-kantor-kemenag-karangasem-kejar-predikat-wbk-dan-wbbm

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) melakukan survey ke kantor Kementerian Agama Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali

Survey terkait Kantor Kementerian Agama Karangasem mengejar predikat WBK (wilayah bebas korupsi) dan WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani). Usai survey akan menjalani penilaian administrasi. Kantor Kemenag Karangasem sebagai wakil Bali ke lomba zona integritas nasional setelah dinyatakan yang terbaik di Tingkat Provinsi Bali 2018.

Secara nasional, buat sementara kinerja Kemenag Karangasem meraih skor 84, kategori baik. Sedangkan hasil evaluasi Inspektorat Jenderal Kemenpan RB, mengeluarkan rilis Kemenag Karangasem meraih skor 81 untuk kategori zona integritas. Kepala Kemenag Karangasem, Ni Nengah Rustini, didampingi Ketua Zona Integritas Kemenag Karangasem I Wayan Serinada, mengatakan ada dua kategori penilaian. Survey yang dimaksud petugas langsung ke lapangan mengobservasi responden dari masyarakat terkait pelayanan Kemenag Karangasem. Sasarannya guru Agama Hindu, guru Agama Islam, tokoh agama, tokoh masyarakat yang terkait dan sering berurusan dengan Kantor Kemenag.

Rustini menjelaskan, bidang pelayanan publik dilakukan sesuai misi bersih melayani, bekerja adalah ibadah dan melayani adalah kehormatan. “Penilaian menyangkut disiplin kerja, penguatan tata kelola pelayanan masyarakat dan pengelolaan administrasi,” jelas Rustini. Ia mengaku siap menjalani pemeriksaan secara administrasi untuk membuktikan kinerja Kemenag Karangasem bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Juga membuktikan transparansi pengelolaan keuangan negara. “Saat menjalani penilaian nanti kami datangkan guru agama, pengawas dan tokoh masyarakat. Silakan tanya kepada mereka seperti apa kinerja Kemenag Karangasem,” tambahnya.

Rustini juga mengatakan, menyangkut pelaksanaan sertifikasi guru agama Hindu dan agama Islam agar ditanyakan kepada tim penilai. “Salah satu pertanyaan penting, apakah selama ini ada pungutan atau tidak terkait pelaksanaan sertifikasi guru. Nanti hasil survey kepuasan layanan masyarakat membuktikan,” tambahnya. Sementara Kepala Seksi Pendidikan Hindu Kemenag Karangasem, I Wayan Serinada, menjelaskan di Indonesia yang menjalani penilaian masuk passing grade ada 14 Kantor Kementerian Agama. “Kinerja kami masuk passing grade kategori baik, bidang satuan kerja berdasarkan audit Kemenpan RB, skor 84. Sedangkan zona integritasnya skor 81,” kata Wayan Serinada. Ia optimis di penilaian zona integritas bidang pelayanan publik, mencapai hasil optimal dan siap bersaing dengan Kantor Kemenag lainnya se-Indonesia. *k16

loading...

Komentar