nusabali

Gianyar Dibangun Mengacu Konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali

  • www.nusabali.com-gianyar-dibangun-mengacu-konsep-nangun-sat-kerthi-loka-bali

Sehari setelah pelantikan pasangan Bupati-Wakil Bupati Gianyar periode 2018-2023, I Made Mahayastra-Anak Agung Gde Mayun, oleh Gubernur Bali, DPRD Gianyar menggelar rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Gianyar, Jumat (21/9).

GIANYAR, NusaBali

Rapat paripurna istimewa dengan agenda penyampaian pidato sambutan Bupati Gianyar periode 2018-2023 tersebut dirangkaikan dengan serah terima jabatan dari Pelaksana Harian Bupati Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya kepada Bupati Gianyar I Made Mahayastra.

Acara disertai pengukuhan pengurus Dekranasda Kabupaten Gianyar, pengurus PKK Kabupaten Gianyar, dan pengurus Yayasan Kanker Indonesia Kabupaten Gianyar. Rapat paripurna istimewa penyampaian pidato visi misi  Bupati Gianyar 2018-2023 tersebut dibuka oleh Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winarta. Dihadiri kalangan perbekel/lurah, kelian dinas dan adat, tokoh puri dan tokoh masyarakat termasuk sekaa teruna, dan pengurus partai. Acara rapat tersebut juga dihadiri anggota DPR RI Dapil Bali, anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Gianyar, ketua PKK Provinsi Bali sekaligus ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Koster, anggota DPRD Kab.Gianyar, Forkopimda dan seluruh pejabat yang ada di lingkungan Pemkab Gianyar.

Bupati Gianyar Made Mahayastra dalam pidato perdananya mengatakan, perumusan visi dan misi pembangunan Gianyar lima tahun ke depan, mengacu pada konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali, dimana dalam pelaksanaannya dilakukan dengan pola satu jalur, dimana kebijakan pembangunan Gianyar menjadi satu kesatuan, atau satu jalur dengan kebijakan pembangunan Bali.

Disamping itu perancangan visi misi Gianyar lima  tahun ke depan berlandaskan konsep tri hita karana. "Menjunjung tinggi filosofi Tri Hita Karana dan nilai-nilai adat, agama, tradisi dan budaya luhur masyarakat Gianyar, menjadi landasan filosofis dalam perumusan visi dan misi pembangunan daerah, sehingga diharapkan terwujud, kesejahteraan masyarakat Gianyar yang adil dan makmur lahir dan bathin, secara berkelanjutan" ujar Bupati Mahayastra.

Dikatakan, ada lima hal mendasar yang menjadi latar belakang perumusan visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Gianyar lima tahun kedepan. Yakni, pencapaian kinerja pembangunan daerah Gianyar periode Tahun 2013-2018, pencapaian tujuan dan sasaran Pembangunan Jangka Panjang Daerah, kondisi dan potensi daerah yang menjadi sumber daya pembangunan Kabupaten Gianyar, berbagai permasalahan dan isu-isu strategis pembangunan Kabupaten Gianyar hingga lima tahun ke depan,  dan keinginan untuk mengembangkan inovasi daerah, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government).

Berpijak dari kelima latar belakang tersebut, maka visi pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Gianyar Tahun 2018-2023 adalah  ‘Terwujudnya masyarakat Gianyar yang bahagia, sejahtera, aman, dan damai, mandiri, berintegritas, berlandaskan Tri Hita Karana, melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana”

Untuk mewujudkan visi tersebut, ditempuh melalui enam Misi Pembangunan Gianyar, yang menjadi arah kebijakan pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Gianyar Tahun   2018-2023, yaitu, membangun pertanian yang produktif, efesien dan mandiri, membangun pariwisata yang inklusif dan berbasis budaya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, berwawasan lingkungan, mengembangkan SDM yang berintegritas dan berdaya saing tinggi, mewujudkan penguatan desa adat yang bertumpu pada nilai-nilai adat, budaya dan agama Hindu, dan meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan publik. *lsa

Komentar