nusabali

Cegah Kebocoran Aset Negara, Undiksha Latih Staf Tata Usaha

  • www.nusabali.com-cegah-kebocoran-aset-negara-undiksha-latih-staf-tata-usaha

Puluhan Kabag dan Kasubag dan operator Barang Milik Negara (BMN) lingkup Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha),  digenjot penguasaan teknis dalam Penatausahaan BMN.

SINGARAJA, NusaBali

Dalam workshop yang digelar selama dua hari itu diharapkan dapat memberikan penyegaran dan pencatatan aset secara baik dan benar, mencegah kebocoran aset negara.

Wakil Rektor II Undiksha, Prof Dr I Wayan Lasmawan MPd, Jumat (21/9) kemarin menjelaskan, bahwa saat ini pemerintah sedang mengupayakan pencatatan aset negara. Undiksha sebagai salah satu instansi negara wajib mentatausahakan barang pada Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN), melalui online.

“Tujuannya adalah untuk mencegah kebocoran aset negara, karena selama ini permasalahannya belum tertibnya pencatatan inventarisasi barang,” kata dia. Dengan workshop yang merupakan penyegaran atas mutasi dan rotasi staf tatausahanya, diharapkan dapat memahami dan menerapkan dengan benar sistem penatausahaan BMN.

Lasmawan juga menegaskan sejauh ini Undiksha pun berkomitmen untuk mendukung upaya Kemenristekdikti dan visi misi Undiksha dalam menjadikan staf mapan dan terampil dalam menatausahakan BMN. “Pelatihan ini sangat penting, apalagi usai ada rotasi dan mutasi jabatan, ini untuk merefresh mereka,”imbuhnya.

Sementara itu pihaknya pun menegaskan sejauh ini pengawasan pencatatan BMN di Undiksha juga dalam pengawasan ketat dari intern. Selain itu, Undiksha terus melakukan peningkatan SDM yang menangani hal tersebut, melalui workshop dan pelatihan-pelatihan. Undiksha pun secara tegas berkomitmen untuk turut serta menjaga aset negara, dengan ikut menertibkan dengan penatausahaan BMN yang baik dan benar, atau ditertibkan oleh petunjuk pusat sebagaimana mestinya.

Undiksha pun menargetkan dengan sistem penatausahaan BMN yang saat ini sudah menggunakan sistem online dapat diikuti dengan operator BMN Undiksha dengan benar dan tepat sesuai dengan mekanisme yang ada. *k23

Komentar