nusabali

Pengembangan UMKM Room Divider lewat Skema PPPE Ristekdikti di Gianyar

  • www.nusabali.com-pengembangan-umkm-room-divider-lewat-skema-pppe-ristekdikti-di-gianyar

Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE) dilakukan pada Diva Lamp yang berada di Banjar Sapat, Desa/Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar dan OMG Lamp di Banjar Gentong, Desa/Kecamatan Tegallalang, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali
Produk kerajinan yang dihasilkan berupa room divider yaitu berbagai macam jenis partisi ruangan dan interior yang terbuat dari bahan alami.  PPPE ini diketuai oleh I Putu Mega Juli Semara Putra SE MSi dengan anggota tiga orang yaitu, I Dewa Made Endiana SE MSi AkCA, Siluh Putu Natha Primadewi ST MT, dan Ni Kadek Dwi Rusjayanthi ST MT.

Program ini memasuki periode tahun kedua. Pembenahan yang dilakukan pada periode tahun kedua fokus pada penataan manajemen dan sistem akuntansinya. Dari aspek sistem akuntansi, pengembangan yang dilakukan adalah dengan pembuatan sistem akuntansi mulai dari kasir sampai dengan laporan keuangan. Sistem yang didesain menyerupai dengan sistem yang ada di minimarket modern, mulai dari sistem persediaan dengan menggunakan barcode dengan alat scanner. Ini akan sangat membantu dari aspek pembuatan laporan keuangan yang real time dan meningkatkan fungsi sistem pengendalian internal. Di samping dari aspek akuntansi, di sisi keamanan juga diperbaiki dengan pengadaan CCTV/kamera pantau online yang bisa dipantau secara online dari smartphone di mana pun pemilik berada.

Target luaran yang dicapai dalam program PPPE ini meliputi peningkatan rata-rata penjualan dan rata-rata produksi sebesar 5 persen dari pencapaian tahun sebelumnya. Pembuatan laporan keuangan bisa dilakukan secara real time sehingga memudahkan pemilik dalam pengambilan keputusan terkait operasional UMKM.*

Komentar