nusabali

30 Helikopter Disiapkan untuk IMF

  • www.nusabali.com-30-helikopter-disiapkan-untuk-imf

Sebanyak 30 helikopter disiapkan untuk mengevakuasi para kepala negara yang menghadiri pertemuan IMF–World Bank pada 8 – 14 Oktober 2018, kalau kemungkinan terjadi bencana.

DENPASAR, NusaBali
“Jika terjadi bencana, untuk proses evakuasi kepala negara nantinya akan menggunakan helikopter, disiapkan 30 helikopter, satu kepala negara standar proses evakuasinya dalam tempo 10 menit,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bali I Gede Made Jaya Serataberana di Denpasar, Minggu (16/9).

“Untuk evakuasi menggunakan helikopter ketika tsunami, sistemnya setengah main dan tidak harus mencari helipad. Di lapangan golf bisa, diambil dari hotel juga bisa. Diturunkan alat, nanti ditarik beliau, baru digeser, di lapangan lebih tinggi baru dinaikkan selanjutnya diterbangkan mau ke Bandara Ngurah Rai (Bali) atau Mataram, atau Bandara Belimbing Sari di Banyuwangi,” ungkap Jaya.

Rencana evakuasi vertikal menuju lantai empat hotel untuk para kepala negara dan peserta pertemuan, menurut dia, sudah disiapkan kalau sampai terjadi bencana tsunami.

Selain pengelola BNDCC dan BICC Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung yang merupakan tempat pertemuan IMF–World Bank, menurut dia, sebagian besar pengurus hotel di kawasan ITDC Nusa Dua juga sudah dilatih menjalankan evakuasi serta tersertifikasi kesiapsiagaan kebencanaan, kelengkapan peralatan, maupun alat evakuasinya.

Pada prinsipnya, lanjut Jaya, TNI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan panitia nasional pertemuan IMF–World Bank telah menyiapkan langkah-langkah evakuasi vertikal dan horizontal untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana saat pertemuan berlangsung.

“Untuk proses evakuasi warga, pihak hotel juga telah bekerja sama dengan pihak banjar maupun desa, untuk menuju hotel mana ketika terjadi tsunami, dan pihak hotel tidak boleh menolak,” kata Jaya.

Jaya menambahkan skenario evakuasi menggunakan jalur darat dan laut juga sudah disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan Gunung Agung meletus.

“Di Pelabuhan Benoa akan disiapkan kapal pesiar dengan kapasitas 3.000 penumpang. Selain itu, TNI Angkatan Laut juga menyiapkan Kapal Rumah Sakit Apung yang sudah dilatih. Ada juga KRI, kapal selam, dan sebagainya yang akan terjejer beberapa hari menjelang pelaksanaan pertemuan IMF – World Bank,” ujar Jaya. *ant

Komentar