nusabali

Ada Pohon Pisang Bertandan Dua

  • www.nusabali.com-ada-pohon-pisang-bertandan-dua

Pohon pisang bertandan dua muncul di perkebunan milik Robinson, seorang pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI asal Jakarta di Jalan Moh Yamin X, Renon, Denpasar, Rabu (19/9).

DENPASAR, NusaBali

Anehnya buah pisang jenis susu ini muncul pada batang pohon dengan diameter 3 centimeter dengan tinggi sekitar 1 meter itu.  Kemunculan buah pisang tersebut diketahui oleh pengelola kebun Abdi Mukta, 56, seorang staf di Kesbangpol Provinsi Bali. Awalnya dia mengetahui pisang tersebut hanya tumbuh biasa seperti pohon pisang lain pada umumnya. Sekitar tiga minggu lalu, ia mulai memperhatikan pisang yang berada di tengah lahan 3,7 are itu saat melihat buah pisang muncul pada batang pisang.

Berselang tiga minggu, Mukta kembali menengok pohon-pohon pisang yang ada di lokasi itu. Ia kaget ketika melihat ada buah pisang lain yang muncul di atas tandan pisang sebelumnya. "Saya cuman lihat sebelumnya saja, kok tumben ada buah pisang muncul melalui batang pohon. Padahal pohon pisang itu diketahui kondisinya tidak bagus jika dibandingkan pohon pisang lainnya," ungkap Mukta.

Dengan kondisi pohon pisang yang sudah muncul seperti itu, dia mengaku tidak ada firasat apapun sebelumnya. Namun dari puluhan tahun mengelola kebun itu baru sekarang muncul pisang bertandan dua. "Baru kali ini saya tahu. Pisang itu gak akan diapa-apain, tunggu sampai matang baru diambil. Ya pakai makan saja seperti biasa mudah-mudahan tidak ada efek sampingnya," imbuhnya.

Sebelumnya, di kebun yang sama, juga pernah muncul fenomena aneh yakni tumbuhan bunga bangkai yang tumbuh tiga dalam satu rumpun.  

"Saya juga tidak tau kenapa setiap tahun muncul tumbuhan aneh di tempat ini. Setahun lalu ada tanaman bunga bangkai, sekarang pisang bertandan dua. Semoga jadi berkahlah buat kami kedepannya. Karena kami juga tidak tahu apa tanda dari kemunculan tumbuh-tumbuhan aneh ini setiap tahunnya," ujarnya. *mi

Komentar