nusabali

Lagi, Warga Canggu Temui Wabup Suiasa

  • www.nusabali.com-lagi-warga-canggu-temui-wabup-suiasa

Pihak investor secara bertahap akan memenuhi keinginan warga.

Pertanyakan Mediasi dengan Investor Hotel Canggu Intercontinental

MANGUPURA, NusaBali
Warga Canggu, Kecamatan Kuta Utara menemui Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Kamis (7/4) kemarin. Warga kembali mengadu terkait pembangunan Hotel Canggu Intercontinental yang saat ini sedang berjalan.

Bendesa Adat Canggu I Nyoman Sujapa, datang langsung bersama perwakilan warga. Selain warga, anggota DPD RI Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna juga mendampingi. Dalam pertemuan sekitar pukul 13.00 Wita itu juga dihadiri Sekkab Badung Kompyang R. Swandika, serta Camat Kuta Utara, AA Putu Yuyun Hanura Eny.

Wabup Suiasa kembali menegaskan komitmen pemerintah untuk memediasi antara warga dengan pihak investor. Menurut pejabat asal Pecatu, Kuta Selatan itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sudah sempat berkoordinasi dengan pihak investor perihal mediasi tersebut. Tak ayal, mendengar penjelasan itu, warga Canggu pun merasa lega. “Setelah turun meninjau lokasi, setelah itu bupati langsung mengontak pihak investor. Dan meminta agar investor bersedia membangun komunikasi dengan warga,” kata Wabup Suiasa kepada warga.

Masalah jalan setapak, menurut Wabup Suiasa, pihak investor secara bertahap akan memenuhi keinginan warga. “Investor mengaku bersedia membuatkan jalan setapak. Jadi ada pengaman ombak dan ada jalan setapaknya,” jelas mantan Wakil Ketua DPRD Badung dua periode ini.

Meski pertemuan tersebut tidak dihadiri pihak investor, Warga Canggu cukup lega setelah menyimak penjelasan Wabup Suiasa. “Semoga itu bisa diwujudkan,” harap Bendesa Adat Canggu Nyoman Sujapa.

Selanjutnya, pihak desa masih menginginkan agar jalan desa yang dibuat menanjak oleh pihak investor agar diperjuangan oleh Pemkab Badung. “Mohon juga diperjuangkan jalan yang telah diurug oleh investor,” harapnya lagi.

Sementara anggota DPD RI Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna menyambut baik perkembangan yang terjadi. Menurut dia, ini kabar baik bagi warga. “Ini informasi yang baik. Ada niat yang baik dari investor untuk memenuhi aspirasi masyarakat,” kata Wedakarna yang mengaku siap membantu perjuangan dan pengawasan terkait masalah tersebut.

Sekedar mengingatkan, persoalan pembangunan Hotel Canggu Intercontinental sudah sejak lama bermasalah. Namun sampai sekarang tidak ada kunjung menemui titik temu. Warga Canggu yang sempat memblokir jalan masuk Hotel Canggu Intercontinental, Minggu (20/3) sekitar pukul 09.00 wita, menginginkan agar pihak investor mendengarkan aspirasi warga. Beberapa point tuntutan masyarakat yakni investor diminta untuk menurunkan L Gater (pemecah ombak) lantaran terlalu tinggi. Investor diwajibkan merelakan tanah yang di pinggir pantai untuk jalan setapak menuju pura. 

Kemudian investor agar melakukan pengukuran ulang tanah agar diketahui batas-batas kepemilik investor. Termasuk kondisi jalan agar dikembalikan seperti semula dimana view pantai dapat langsung ke laut. Tidak itu saja gorong-gorong yang menyebrang jalan agar dibongkar.

Saat itu, utusan pihak Hotel Canggu Intercontinental selaku HRD, Abdul Fachmy tak banyak berkomentar. Dia hanya berjanji akan menyampaikan masalah ini kepada manajemen. “Saya orang baru di sini. Tapi nanti saya sampaikan ke pimpinan,” kata dia singkat. asa

loading...

Komentar