nusabali

Wisman Nikmati Parade Budaya Nusantara

  • www.nusabali.com-wisman-nikmati-parade-budaya-nusantara

Taman Nusa di Desa Sidan, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, yang merupakan taman wisata budaya Indonesia, mempersembahkan parade Budaya Nusantara.

GIANYAR, NusaBali

Parade ini untuk menyambut sekitar 350 delegasi IMF - World Bank, Oktober 2018.  Oleh Manajemen Taman Nusa, parade budaya ini digelar setiap saat dengan 300 - 400 pengunjung. Seperti tampak pada Jumat (14/9), rombongan turis Tiongkok menikmati parade budaya tersebut. Sekitar 1.200 turis berjejer rapi menyaksikan kekayaan budaya nusantara yang ditampilkan pihak Taman Nusa.

Manajer Taman Nusa I Nyoman Murjana menjelaskan parade Budaya Nusantara ini sudah berjalan sejak dua tahun. Setiap tahunnya, bisa menggelar 15 kali. "Seperti kali ini, parade digelar tiga kali berturut-turut hingga Minggu. Dengan rombongan terdiri dari sekitar 5.300 turis," jelasnya.

Parade ini melibatkan ratusan seniman dari berbagai daerah yang didukung oleh sanggar tari dan beberapa sekolah/SMK di Gianyar, Bangli dan Klungkung. Diawali dengan prosesi penyambutan saat kedatangan tamu di boulevard dan Gedung Daun Sirih. Dilanjutkan, jelajah Indonesia di kampung budaya. Ada juga penampilan tari nusantara seperti Kuda Lumping, Barongsai, dan kesenian khas dari 34 provinsi di Indonesia.

Pihaknya berharap, paket wisata ini mampu menjadi daya tarik wisatawan. Terlebih saat gelaran IMF World Bank nanti, Bali akan dikunjungi lebih dari 15.000 delegasi dan pendamping.  Ditambahkan Murjana, tingkat kunjungan wisatawan ke Taman Nusa 300 - 400 orang per hari, hampir seimbang antara wisman dan domestik. "Saat ini masih didominasi wisatawan Tiongkok,  Australia, India, dan Eropa," ujarnya. *nvi

Komentar