nusabali

Bupati: Bila Perlu, Magpag Toya dengan Kurban Kerbau

  • www.nusabali.com-bupati-bila-perlu-magpag-toya-dengan-kurban-kerbau

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi sejumlah pejabat meninjau mata air Desa Pakraman Tauka, Kecamatan Abang, Rabu (6/4). 

Sidak ke Mata Air Tauka, Bupati Dapati Satu Pipa Belum Terpasang

AMLAPURA, NusaBali
Dari empat pipa, ternyata hanya tiga pipa yang terpasang. Itulah sebabnya, suplai air ke Reservoir Lingkungan Juuk Manis, Kelurahan Karangasem, kurang optimal, dan pelanggan PDAM di wilayah Amlapura sering kesulitan air.

Turut mendampingi sidak, Kabag Ekonomi Pemkab Karangasem I Wayan Sutrisna, Staf Ahli bidang Pembangunan AA Gede Rama Putra. Rombongan tersebut diterima Bendesa Pakraman Tauka I Nengah Putu Sudiarsa.

Bupati Mas Sumatri meninjau mata air Tauka, setelah mendengar banyak keluhan pelanggan PDAM. Pelanggan mengeluhkan layanan kurang optimal, aliran air sering tidak lancar. 

Setiba di lokasi mata air Tauka, Bendesa Pakraman Tauka I Nengah Putu Sudiarsa menunjukkan lokasi yang tidak jadi dipasangi pipa. Dari empat pipa 8 dim yang sedianya dipasang, ternyata hanya tiga pipa yang terpasang. “Mestinya di jalur ini terpasang satu pipa lagi,” kata Nengah Sudiarsa.

“Memang yang terpasang tiga pipa, tetapi ada satu pipa lagi yang mengalirkan air ke Reservoir Lingkungan Juuk Manis, pipa yang mana itu, saya juga mau selidiki,” kata Kabag Ekonomi Wayan Sutrisna.

Bupati Mas Sumatri mengajak Bendesa Pakraman Tauka bekerjasama, bersinergi saling menguntungkan. “Air yang ada didistribusikan buat masyarakat, sedangkan pihak desa berhak dapat kontribusi,” tandasnya.

Saat piodalan, Bupati Mas Sumatri minta pihak Desa Pakraman Tauka mengundang Pemkab Karangasem untuk muspa bersama. “Bila perlu menggelar upacara magpag toya, dengan kurban kerbau bertanduk emas. Selama ini kesannya hanya mohon anugerah Beliau, sebagai umat perlu juga mengembalikan kemakmuran itu dalam bentuk yadnya sekala besar,” tegasnya.

Di bagian lain, Direktur PDAM Karangasem I Gede T Baktiyasa dikonfirmasi mengenai seringnya pelanggan PDAM komplain terkait pelayanan yang bersumber dari mata air Tauka, dan baru tiga pipa yang dipasang PDAM, enggan menanggapi.

“Saya tak mau komentar, mau empat pipa atau tiga pipa yang terpasang, kalau ingin bukti silakan gali,” ucap Baktiyasa. 7 k16

loading...

Komentar