nusabali

PDAM Badung Akui Kurangnya Air Baku

  • www.nusabali.com-pdam-badung-akui-kurangnya-air-baku

Kerap Dikeluhkan Warga karena Air Macet

MANGUPURA, NusaBali
Layanan air bersih yang dipasok oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mangutama di wilayah Badung Selatan sering kali dikeluhkan. Untuk mengatasinya, pihak PDAM terus berupaya untuk memaksimalkan pelayanan, sehingga keluhan pelanggan teratasi.

Dirut PDAM Tirta Mangutama, I Ketut Golak dikonfirmasi, Jumat (7/9) mengakui bahwa layanan selama ini sering mengalami kendala. Oleh karenanya pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait. Salah satu kendala yang dihadapi adalah kurangnya asupan air baku.

Dengan jumlah pasokan yang ada saat ini, kata dia, tak sebanding dengan kebutuhan masyarakat. Dikatakan, Kuta Selatan merupakan industri pariwisata, jumlah penduduknya juga banyak. Namun, meningkatnya jumlah penduduk dan industri pariwisata tak didukung dengan pasokan air yang ada.  

"Untuk mengatasi kendala yang ada tentu kami akan terus berusaha, sehingga bisa memberikan pelayanan prima. Termasuk juga bagaimana meningkatkan pasokan  air baku," tutur Golak.

Diungkapkan, PDAM akan terus berupaya meningkatkan pasokan air baku dengan  melakukan normalisasi muara Dam Estuary sebagai sumber air baku untuk PDAM Kuta Selatan. Normalisasi ini tujuannya untuk menambah daya tampung air baku. “Program ini rencananya akan dikerjakan di tahun 2019,” ujarnya.

Selain melakukan normalisasi, pihaknya juga berencana membuat codetan di Tukad Mati. Langkah ini diambil selain untuk menanggulangi banjir, dengan codetan ini, air sungai tidak terbuang ke laut dan aman diarahkan menuju Dam Estuari. "Dengan normalisasi ini, kami harapkan, bisa memperdalam sungai dan mampu meningkatkan daya tampung air baku. Karena salah satu masalah yang dihadapi sebenarnya adalah pasokan air baku," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, seringnya gangguan layanan air bersih di Kuta Selatan juga dipengaruhi topografi wilayah yang berbukit. Akibatnya pelanggan yang berada di daerah perbukitan tinggi sering mengalami gangguan air PDAM. Masalah inipun berupaya ditangani dengan penambahan pompa. “Misalnya dahulu di kawasan Nuansa Kori Selatan, Jimbaran airnya dipasok menggunakan mobil tangki. Kini sudah ada pompa, sudah mampu mengalirkan air menuju reservoir,” tuturnya. *po

Komentar