nusabali

'Kompetisi Baru' Liga Nasional UEFA

  • www.nusabali.com-kompetisi-baru-liga-nasional-uefa

Laga Pengganti Ujicoba Internasional

NYON, NusaBali

Mulai Kamis (6/9) malam ini akan bergulir ‘kompetisi’ UEFA Nations League atau Liga Nasional UEFA. Turnamen itu terobosan UEFA yang berfungsi menggantikan laga uji coba internasional dan menyajikan kompetisi di tahun-tahun tanpa turnamen (Euro dan Piala Dunia).

Dari laman resmi UEFA, UEFA Nations League (UNL) melibatkan 55 negara anggota UEFA untuk meningkatkan kualitas dan kekuatan tim nasional. UEFA dan anggota asosiasinya menginginkan sepakbola timnas yang lebih berkelas dan kompetitif.

Setiap negara, pelatih, pemain dan para suporter sepakat, bahwa laga persahabatan tak sanggup memenuhi kebutuhkan pertandingan yang kompetitif. Maka, terciptalah UEFA Nations League.

Agenda ini digodok UEFA sejak 2011 dan terwujud pada 2018 ini. Uniknya, terdapat sistem promosi dan degradasi. Ke-55 timnas terbagi dalam empat liga yang dilandaskan pada peringkat koefisien negara yang ditentukan UEFA pada 11 Oktober 2017. Liga A termasuk tim-tim terkuat dan Liga D yang terendah.

Mempertandingkan 55 tim sekaligus nyaris tak mungkin. Karena itu, UEFA membaginya dalam empat liga. Yakni Liga A, B, C dan Liga D. UEFA pun memastikan persaingan berjalan ketat di tiap liga.

Laga pertama UNL edisi pertama ini mempertemukan Kazakhstan vs Georgia (Liga D) pada Kamis (6/9), pukul 22.30 WITA. Sedangkan tim besar (Liga A) yang berlaga Jerman vs Prancis, Jumat (7/9), pukul 02.45 dinihari WITA.

Fase grup ini rencananya dituntaskan pada November tahun ini. Lalu keempat pemenang Liga A bertemu di semifinal pada Juni 2019 untuk menjadi juara pertama UNL . Satu negara dipilih sebagai tuan rumah yang diumumkan pada Desember 2018.

Kompetisi ini masih baru dan perlu ujicoba untuk memastikan kualitasnya. UNL edisi pertama ini menjadi landasan pengembangan kompetisi negara-negara Eropa di tahun-tahun berikutnya.

Peserta UNL dibagi berdasarkan nilai koefisien UEFA. Tiap tim berlaha kali dalam format kandang/tandang. Empat tim pemuncak grup berhak promosi ke Liga di atasnya di edisi 2020. Empat tim di dasar klasemen akan terdegradasi ke liga di bawahnya di edisi 2020.

Liga A dan B terdiri atas empat grup yang berisikan tiga tim. Liga C satu grup berisikan tiga tim dan tiga grup lainnya empat tim. Liga D terdiri empat grup berisikan empat tim.

Peringkat keseluruhan UNL menentukan komposisi pot undian kualifikasi Euro dan memberikan kesempatan lolos ke UEFA Euro, empat tim yang menang di UNL akan memainkan laga play-off. *

Komentar