nusabali

20 Orang Calon Penerima Beasiswa Luar Negeri Siap Didaftarkan

  • www.nusabali.com-20-orang-calon-penerima-beasiswa-luar-negeri-siap-didaftarkan

Setelah melakukan seleksi ketat, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung akhirnya mendapatkan nama-nama calon peraih beasiswa ke luar negeri.

MANGUPURA, NusaBali
Sesuai target awal program pemberian beasiswa kepada pelajar berprestasi di Badung ini diberikan kepada 20 orang saja. Menariknya, sebagian besar dari mereka (nama-nama peraih beasiswa, lihat tabel) memilih negara Australia sebagai tempa menimba ilmu. Negara lainnya yang dipilih adalah Inggris, Belanda, dan Malaysia.

“Yang memilih Inggris itu ada tiga orang, Belanda ada satu orang, ada 12 orang memilih Australia, dan empat orang lainnya memilih Malaysia,” tutur Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikpora Badung I Made Mandi, Selasa (4/9).

Berdasarkan rekapitulasi calon penerima beasiswa yang dilakukan Disdikpora, sebanyak 20 orang yang beruntung itu merupakan siswa pilihan. Bahkan, di antara mereka ada yang pernah meraih juara olimpiade yang diselenggarakan Universitas Udayana Denpasar.

“Seperti Ni Nyoman Ayu Krisna Devi itu peraih juara III pada ajang olimpiade kimia di Unud tahun 2012. Ni Putu Intan Maharani juara II LKTI Kelautan dan Perikanan tahun 2017. Ada juga yang berpretasi di bidang olahraga, seperti I Putu Mahendra Artha Mulya itu juara I Cabang Taekwondo tahun 2017,” kata Mandi.

Sedianya, lanjut Mandi, calon peraih beasiswa ke luar negeri ini bakal menerima pengarahan dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, kemarin. Tetapi, berhubung Bupati sedang ke luar daerah jadi pembekalan diundur. “Kami masih jadwalkan ulang pembekalannya, karena nanti bupati akan memberikan pengarahan untuk memotivasi mereka,” tandasnya.

Disinggung mengenai waktu pemberangkatan menuju perguruan tinggi pilihan masing-masing siswa, Mandi menyebut akan dilakukan pada bulan ini. Tetapi, tak disebutkan pasti kapan waktunya. “Mereka sebetulnya telah diterima, September ini akan daftar ulang,” kata Mandi. *asa

Komentar