nusabali

Indonesia Berpeluang Gelar Olimpiade

  • www.nusabali.com-indonesia-berpeluang-gelar-olimpiade

Indonesia memiliki peluang bagus gelar Olimpiade. Dengan kesuksesan Asian Games, kalian membuktikan, Indonesia mampu melakukannya.

Presiden IOC Thomas Bach

JAKARTA, NusaBali
President Komite Olimpiade Internasional IOC Thomas Bach menegaskan, Indonesia memiliki posisi dan peluang bagus menggelar pesta akbar olahraga, Olimpiade. Dengan kesuksesan Asian Games 2018, Indonesia membuktikan dapat melakukannya. 

Pada sesi jumpa pers di Media Center Asian Games 2018,  JCC, Jakarta,  Minggu (2/9), Bach memberikan apresiasi positif terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Bach juga menyatakan hal itu modal bagus bagi Indonesia menggelar pesta olahraga yang lebih besar lagi, seperti Olimpiade.

Dengan Asian Games pula, Bach mengaku melihat semangat masyarakat Indonesia terhadap dunia olahraga. Bagi Bach,  hal itu kejutan sangat positif. Ia tidak menyangka melihat semangat untuk olahraga seperti itu.

“Saya telah berbicara kepada banyak orang dan semuanya gembira. Itulah kenapa saya sangat yakin, jika menggelar Olimpidae di sini pada 2032, semangat Olimpiade akan sangat hidup," kata Bach.

Alasan lain yang menjadi keunggulan Indonesia, kata Bach,  sebagai salah satu negara yang mencalonkan diri menggelar Olimpiade 2032 adalah usianya yang masih muda. Sebagai negara yang belum genap satu abad merdeka, Indonesia dipandang memiliki generasi muda bersemangat dan banyak ruang untuk berkembang.

"Dengan kaum muda kalian, kalian memiliki posisi yang bagus.... dan menjawab pertanyaan kamu, iya, saya kira Indonesia akan memiliki peluang yang bagus," kata Bach.

Lebih jauh Thomas Bach mengaku pernah memimpikan pesta akbar Olimpiade digelar di kawasan Asia Tenggara. Menurut Bach, masih terdapat dua wilayah putih di peta yang absen dari penyelenggaraan Olimpiade. 

Yakni, wilayah Afrika. Karena itu, IOC memutuskan menggelar Olimpiade Remaja musim panas di Afrika pada 2022. Botswana, Nigeria, Senegal dan Tunisia sudah menyatakan tertarik untuk menggelar pesta akbar tersebut pada 2022. Kemudian wilayah kedua, adalah Asia Tenggara.

"Saya membayangkan menggelar Olimpiade di kawasan Asia Tenggara. Di kawasan ini, saya kira Indonesia salah satu tempat dan negara terbaik untuk melakukannya," kata Bach.  *ant

Komentar