nusabali

Juara Piala AFF Ajang Pembuktian Luis Milla

  • www.nusabali.com-juara-piala-aff-ajang-pembuktian-luis-milla

Gelar juara AFF akan menjawab kapasitas dan kredibilitas Luis Milla Aspas sebagai pelatih sepakbola Timnas Indonesia.

JAKARTA, NusaBali

Sebab, selama ini eks pilar Real Madrid itu sudah melatih dengan sangat baik. Gelar juara Piala AFF pun jadi penebus ‘dosa’ Milla atas kegagalan di Asian Games 2018.  

Demikian ditegaskan pengamat sepakbola yang juga mantan pilar Timnas Primavera, Supriyono Prima, kepada viva.co.id, di Jakarta, Kamis (30/8). Menurutnya, niat PSSI memperpanjang kontraknya jadi kesempatan untuk pembuktian Milla di Piala AFF.

Ya, Piala AFF akan digelar mulai 8 November 2018. Namun saat ini Timnas Indonesia senior belum memiliki pelatih menatap kejuaraan itu. Luis Milla yang diproyeksikan menukangi Indonesia lagi, hingga kini ‘mudik’ di Spanyol dan belum menantangani kontrak baru.

"Saya sangat setuju Milla dipertahankan. Banyak hal positif yang didapat Timnas. Tentunya, juara AFF akan menjawab kapasitas dan kredibiltas Milla," kata Supriyono.

Tak dimungkiri Supriyono, sejak dipoles Milla, permainan dan kemampuan anak-anak Garuda Muda berkembang pesat. Baik itu secara individu maupun tim. Kemampuan permainan secara tim juga sangat bagus.

Sementara Timnas Indonesia segera melakukan persiapan menuju Piala AFF 2018. Timnas bakal melakoni uji coba, yaitu menghadapi Mauritius pada 11 September dan Myanmar pada 9 Oktober 2018.

Karena itu, PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia juga menyatakan,  timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018 harus terbentuk pada pekan pertama September. Namun tidak ada jaminan, tim Merah Putih  mulai dinakhodai Luis Milla.

"Sebelum 11 September kerangkanya harus ada. Masalah yang menanganinya langsung full team coach atau tidak, itu masalah teknis. Karena ini senior," kata Ratu Tisha, sekjen PSSI.

Saat ini PSSI memiliki daftar pemain yang masuk proyeksi skuat Piala AFF. Danurwindo selaku direktur teknik sudah melakukan pengumpulan data pemain untuk turnamen level tersebut. Besar kemungkinan, latihan pertama pada September masih ditukangi pelatih interim. Dengan kandidat terkuat Danurwindo didampingi Bima Sakti.

Piala AFF digelar pada 8 November hingga 15 Desember, Indonesia yang pada edisi sebelumnya menjadi runner-up berada di Grup B bersama Singapura, Filipina, tim kualifikasi dan juara bertahan Thailand.*

Komentar