nusabali

BPK Perwakilan Bali Periksa Pemanfaatan Dana Desa

  • www.nusabali.com-bpk-perwakilan-bali-periksa-pemanfaatan-dana-desa

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Bali, melakukan pemeriksaan pendahuluan terhadap pemanfaatan dana desa dan pengelolaan sampah di Kota Denpasar.

DENPASAR, NusaBali
Kepala Sub Auditorat II BPK Provinsi Bali, IGN Satria Perwira saat bersilaturahmi dengan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Selasa (28/8) mengatakan, ada dua aspek yang diperiksa, yakni hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan dan jalan keluar (solusi) pemecahan permasalahan yang dihadapi Pemkot Denpasar selama ini.

"Tim dalam pemeriksaan pendahuluan ini memverifikasi hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan, sehingga dapat dicarikan solusi bersama," ucapnya.

Lebih lanjut, Satria Perwira mengatakan, dalam verifikasi tersebut akan dilakukan pemeriksaan terinci, sekitar bulan September mendatang. "Ke depan kami akan kembali melakukan pemeriksaan terinci, artinya lebih detail, mungkin sekitar pertengahan bulan September. Sehingga yang menjadi hambatan di lapangan akan ada jalan keluar pemecahan permasalahan tersebut," ujarnya.

Satria Perwira juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Rai Mantra, karena selama melakukan pemeriksaan diterima dengan baik, dan dapat bekerja sama memberikan data yang relevan. "Terima kasih tentunya kami ucapkan kepada walikota, karena sudah diterima dengan sangat baik, dan kami sepakat tentang keterlibatan masyarakat merupakan hal yang sangat penting," ucapnya.

Sementara itu, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, bahwa dalam memaksimalkan kinerja komunikasi dan koordinasi hingga ke lapisan terbawah adalah hal yang utama. Ia mengatakan, layaknya komunikasi yang dilakukan dengan masing-masing kepala lingkungan, agar senantiasa menjembatani setiap informasi dan kebijakan pemerintah. "Saran-saran masyarakat termasuk keluhan sekalipun juga selalu diterima, terlebih dengan adanya Pro-Denpasar," ujar Walikota Rai Mantra.

Ia berharap, agar hasil pengawasan (monitoring) yang dilakukan BPK dapat memberikan masukan positif, khususnya untuk mengeluarkan kebijakan dan inovasi-inovasi lainnya mengkhusus tentang maksimal pemanfaatan dana desa dengan positif dan pengelolaan sampah di Kota Denpasar. "Kami tahu bahwa sampah di Kota Denpasar berasal dari berbagai sumber. Jadi memang perlu usaha lebih keras lagi untuk bisa memaksimalkan penanganan sampah, adanya sekolah pasar juga menjadi inovasi untuk menanamkan karakter cinta kebersihan sejak dini," katanya. *ant

Komentar