nusabali

Bantu Korban Gempa, MAN Potong 2 Sapi

  • www.nusabali.com-bantu-korban-gempa-man-potong-2-sapi

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Amlapura memotong dua sapi yang dananya terkumpul berasal dari 14 guru.

AMLAPURA, NusaBali
Daging sapi tersebut kemudian dijadikan 225 bungkus dan 42 kilogram dijadikan abon. Semua daging sapi itu disumbangkan untuk korban gempa di Lombok, NTB. Potong sapi dikoordinasikan Kasek MAN Supriyanto di MAN Amlapura, Jalan Bukit Catu Amlapura, Senin (27/8).

Mulanya ide itu muncul dari Kasek MAN Supriyanto didukung Kasi Pendis (Kepala Seksi Pendidikan Islam) Kantor Kementerian Agama Karangasem Asmuni. Sehingga terkumpul dana pembelian untuk dua sapi. "Ini murni sumbangan dari guru-guru secara sukarela, berasal dari 14 guru. Setelah dana terkumpul, ternyata cukup untuk membeli 2 sapi, kemudian daging sapi dijadikan 225 bungkus, yang dagingnya disumbangkan untuk korban gempa di Lombok," kata Supriyanto.

Segenap guru terlibat dalam pemotongan dua sapi, dibagi rata jadi 225 bungkus. Sedangkan ibu-ibu guru bertugas membuat abon, dengan bahan baku 42 kilogram. "Usai dilakukan potong kurban, dan sebagian dagingnya telah jadi abon, kami titipkan untuk dibawa ke Lombok," tambahnya.

Paling tidak aksi sosial itu tujuannya untuk mengurangi beban penderitaan warga di Lombok yang terus menerus diguncang gempa, ditandai ratusan korban jiwa dan ratusan rumah hancur. Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Asmuni, mengapresiasi ide dari MAN Amlapura itu. "Sebelumnya kami mengoordinasikan, agar seluruh siswa dari sekolah madrasah menyumbang untuk korban gempa di lombok. Kami memang berupaya menggalang dana, untuk meringankan penderitaan saudara kita di lombok," kata Asmuni.

Bukan saja di MAN Amlapura yang melakukan kegiatan potong sapi, juga dilakukan di MTsN (Madrasah Tsanawiyah Negeri) Amlapura, Sabtu (25/8), dagingnya dikemas juga dikirim untuk korban gempa di Lombok. *k16

Komentar