nusabali

Idrus: Ini Rekan Satu Perjuangan

  • www.nusabali.com-idrus-ini-rekan-satu-perjuangan

Agus pun melayangkan pujian kepada Idrus. Dia menyebut Idrus merupakan salah satu menteri terbaik menurut Presiden Joko Widodo

Serahkan Jabatan Mensos ke Agus Gumiwang


JAKARTA, NusaBali
Agus Gumiwang resmi menerima jabatan Menteri Sosial. Jabatan itu diserahkan langsung oleh Idrus Marham, yang menyatakan mundur. Upacara serah-terima jabatan dilangsungkan di ruang rapat gedung Kemensos, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (24/8) pukul 19.00 WIB. Penyerahan jabatan itu ditandai dengan penandatanganan berita acara serah-terima jabatan dan penyerahan memori jabatan.

"Awal-awal saya di sini, ada apa-apa kita ke rumah beliau, ini satu guru satu perjuangan, jadi orangnya beda-beda tipis. Insyaallah Kemensos ke depan akan lebih dinamis dan yang paling penting lagi angka kemiskinan akan kita tekan. Saya punya keyakinan Kang Agus mampu melakukan itu," kata Idrus dalam sambutannya.

Idrus mengatakan mereka berdua sama-sama dikader oleh Ginandjar Kartasasmita. Bedanya, Agus merupakan anak biologis, sedangkan Idrus bukan. "Antara Kang Agus dan saya tidak bisa dipisahkan karena proses perjalanan hidup sebagai kader, sebagai aktivis, tidak bisa dipisah. Dalam proses pengaderan saya sebagai kader itu tidak lepas dari binaan Pak Ginandjar. Kang Agus ini memang lebihnya sebagai anak biologis, anak ideologis. Kalau saya anak organisatoris dan anak ideologis, mestinya nanti kehadirannya lebih dari saya," ujarnya, seperti dilansir detikcom.

Setelah menerima jabatan, Agus pun melayangkan pujian kepada Idrus. Dia menyebut Idrus merupakan salah satu menteri terbaik menurut Presiden Joko Widodo.

"Setelah dilantik, saya dipanggil Presiden, mendapat arahan. Ada satu arahan yang sangat penting, yaitu lanjutkan apa yang telah dilakukan Pak Idrus. Pak Presiden mengatakan Pak Idrus salah satu menteri yang terbaik karena punya etos kerja yang luar biasa," kata Agus.

Sebelumnya, pada Jumat pukul15.20 WIB, Presiden Joko Widodo melantik Agus Gumiwang Kartasasmita menjabat Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri karena ingin fokus terkait kasus korupsi PLTU Riau-1 yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Politikus Partai Golkar ini dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 148p Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial dalam Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019.

Dalam Kepres tersebut, telah memberhentikan Idrus Marham sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan 2014-2019 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian kebada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut.

Kedua, mengangkat Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019. Keputusan presiden itu mulai berlaku sejak saat pelantikan dan ditetapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Agustus 2018.Hadir dalam pelantikan, di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPD Osman Sapta Odang, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung.

Usai pelantikan, Agus Gumiwang yang didampingi kedua orang tuanya, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas era Presiden Soeharto, Ginandjar Kartasasmita dan istrinya, menerima ucapan selamat dari Presiden beserta undangan lainnya. *

loading...

Komentar