nusabali

Terminal Ubung akan Tampung Pedagang

  • www.nusabali.com-terminal-ubung-akan-tampung-pedagang

Terminal Ubung memungkinkan tamping pedagang, karena kini hanya terminal tipe C, sehingga aktivitasnya tak sepadat dulu.

Dewan Ingin Jalan Gajah Mada Bebas Pasar Tumpah


DENPASAR, NusaBali
DPRD Kota Denpasar menggagas penataan pasar tumpah yang biasa berjualan di pelataran Jalan Gajah Mada depan Pasar Badung. Mereka direncanakan akan dipindah dan ditampung di Terminal Ubung.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi III DPRD Denpasar, AA Susruta Ngurah Putra, Kamis (23/8). Kata Susruta pihaknya masih akan mengkaji hal tersebut dengan eksekutif. Menurutnya Terminal Ubung sangat tepat dijadikan tempat penataan pedagang bermobil. Sehingga jalur Jalan Gajah Mada dan sekitar Pasar Badung akan menjadi lebih tertata dan rapi.

"Kita mengharapkan Pasar Badung nantinya menjadi pasar tradisional yang modern, yaitu pasar yang bagus, tertata dan menjadi ikon Denpasar," jelasnya. Menurut Susruta, jika pasar tumpah dan pedagang bermobil itu tidak segera ditata, maka kawasan Pasar Badung akan tetap kumuh. Sehingga jika pasarnya sudah selesai dan pedagang bermobil masuk kembali, dia menjelaskan akan kacau lagi. Terminal Ubung memungkinkan karena kini hanya terminal tipe C, sehingga aktivitasnya tak sepadat dulu pasca beroperasinya Terminal Mengwi yang merupakan terminal tipe A di Bali.

"Kalau itu ditata, maka Jalan Gajah Mada dan sekitarnya akan tampak rapi. Berbeda seperti saat ini. Pengkajian ini sudah semua pihak setuju," katanya.

Dikonfirmasi terpisah Direktur PD Pasar Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata mengatakan setuju jika penataan itu benar dilakukan. Karena saat ini pedagang bermobil dan pasar tumpah seolah-olah PD Pasar yang mengelola. Padahal mereka tidak ada dipungut apapun, lantaran di luar jangkauan PD Pasar.

"Saya sangat setuju jika mereka diberikan tempat khusus. Apalagi nanti parkir yang ada di Pasar Badung akan steril dari pedagang bermobil, karena akan membuat krodit. Jadi sudah sebaiknya mereka diberikan tempat khusus," tandas Gus Kowi sapaan akrab mantan anggota DPRD Kota Denpasar ini.

Dengan demikian, bukan saja pasar yang tertata namun kawasan Jalan Sulawesi, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Kartini juga ikut rapi. Sedangkan pengelolaan jika sudah ditempatkan di Terminal Ubung baru pihaknya akan mengelola. “Karena setiap pasar yang telah disiapkan tempat biasanya akan dikelola oleh perusahaan daerah setempat,” pungkasnya. *mi

Komentar