nusabali

Ratusan Hewan Kurban Sehat dan Layak Konsumsi

  • www.nusabali.com-ratusan-hewan-kurban-sehat-dan-layak-konsumsi

Tim Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Buleleng, Rabu (22/8), mengadakan pengecekan dan pengawasan hewan kurban perayaan Idul Adha.

SINGARAJA, NusaBali
Dari 42 titik tempak potong hewan kurban di 7 kecamatan, ratusan hewan kurban dinyatakan sehat dan layak konsumsi. Tim pun tidak menemukan adanya penyakit berbahaya yang menjangkiti hewan kurban saat hari H perayaan Idul Adha 1439 H. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Buleleng dr I Wayan Susila, mengatakan untuk hewan kurban yang disiapkan umat muslim di Buleleng ada 180 ekor sapi dan 265 ekor kambing. “Dari hasil pemantauan aman, hewan dan dagingnya sehat, tidak ada kami temukan penyakit atau proses pemotongan yang tidak higenis,” kata dia.

Pihaknya mengatakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengecekan hewan kurban dilakukan dua kali. Pengecekan itu sebelum dipotong (ante-mortem) dan sesudah dipotong (post-mortem).

Susila menekankan pengawasan dan pengecekan hewan kurban memang dilakukan dengan ketat. Karena di beberapa daerah termasuk Buleleng pada tahun lalu, tak sedikit hewan kurban yang ditemukan dengan penyakit yang dapat membahayakan manusia jika dikonsumsi. Seperti penyakit cacing hati, gelonggong sapi maupun proses pemotongan yang tidak higenis.

Sementara itu, seluruh hewan kurban juga memiliki standar pemenuhan umur sebelum dipotong. Hewan baru dapat dijadikan kurban saat berumur minimal dua tahun untuk sapi dan satu tahun untuk kambing. Selain itu dalam kesempatan yang sama pihaknya juga menekankan kepada panitia penyelenggara untuk tetap menjaga kehigenisan tempat pemotongan hewan. Termasuk pemilahan pengolahan jeroan yang berpotensi mengkontaminasi daging.*k23

loading...

Komentar